PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN IPAS KELAS V SDN 14 PONTIANAK KOTA

Show simple item record

dc.contributor.advisor Wahab, Wahab
dc.contributor.advisor Setyaningrum, Vidya
dc.contributor.advisor Dulhadi, Dulhadi
dc.contributor.advisor Janah, Roikhatul
dc.contributor.author JUNIYATI, WIDYA
dc.date.accessioned 2024-08-08T08:28:55Z
dc.date.available 2024-08-08T08:28:55Z
dc.date.issued 2024-05
dc.identifier.uri https://digilib.iainptk.ac.id/xmlui/handle/123456789/4942
dc.description.abstract WIDYA JUNIYATI, Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Pada Mata Pelajaran IPAS Kelas V SDN 14 Pontianak Kota : Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri Pontianak, 2024. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan : 1) Penggunaan model pembelajaran problem based learning terhadap hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran IPAS materi bagaimana bernapas membantuku melakukan aktivitas sehari-hari kelas V SDN 14 Pontianak Kota tahun ajaran 2023/2024, 2) Hasil belajar peserta didik kelas V pada mata pelajaran IPAS materi bagaimana bernapas membantuku melakukan aktivitas sehari-hari di SDN 14 Pontianak Kota tahun ajaran 2023/2024, 3) Besar pengaruh penggunaan model pembelajaran problem based learning terhadap hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran IPAS materi bagaimana bernapas membantuku melakukan aktivitas sehari-hari kelas V SDN 14 Pontianak Kota tahun ajaran 2023/2024. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode eksperimen dengan rancangan penelitian Nonequivalent Control Group Design. Populasi penelitian ini seluruh peserta didik kelas V di SDN 14 Pontianak Kota yang terdiri dari 2 kelas tahun pelajaran 2023/2024 berjumlah 50 orang peserta didik. Sampel dalam penelitian ini dipilih menggunakan Sampling Jenuh dengan kelas V B sebanyak 25 peserta didik sebagai kelas eksperimen dan kelas V A sebanyak 25 peserta didik sebagai kelas kontrol. Instrumen yang digunakan adalah tes pilihan ganda (pre-test dan post-test), lembar observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data dengan statistik deskriptif dan inferensial. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa : 1) Penerapan model pembelajaran problem based learning pada mata pelajaran IPAS termasuk dalam kategori sangat baik karena memiliki nilai rata-rata sebesar 100 % artinya langkah-langkah model pembelajaran problem based learning telah diterapkan secara sistematis. 2) Hasil belajar peserta didik kelas kontrol tahap pretest sebesar 62,88 dan pada tahap posttest sebesar 71,4. Sedangkan pada kelas eksperimen diperoleh nilai rata-rata pada tahap pretest sebesar 67,92 dan pada tahap posttest sebesar 85,84. 3) Dari hasil analisis data uji-t diperoleh nilai sebesar Sig 0,000 < 0,05, maka dapat disimpulkan Ho ditolak dan Ha diterima artinya terdapat perbedaan yang signifikansi dari penggunaan model pembelajaran problem based learning terhadap hasil belajar peserta didik kelas V SDN 14 Pontianak Kota. Besar pengaruh model pembelajaran problem based learning terhadap hasil belajar peserta didik sebesar 1,96 dengan kriteria atau interpretasinya tinggi (strong effect). en_US
dc.language.iso id en_US
dc.publisher IAIN Pontianak en_US
dc.subject Model Problem Based Learning en_US
dc.subject Hasil Belajar en_US
dc.subject IPAS. en_US
dc.title PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN IPAS KELAS V SDN 14 PONTIANAK KOTA en_US
dc.type Skripsi en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search


Advanced Search

Browse

My Account