Abstract:
SITI HERMANIA, 11910197 Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD Dibantu Media Gambar Untuk Meningkatkan Aktivitas Belajar Peserta Didik Materi Alat Peredaran Darah Di Kelas V SDN 03 Pontianak Selatan.Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Kegururan (FTIK), Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI), Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Pontianak.
Tujuan dari penelitian ini untuk mendeskripsikan: 1) Aktivitas belajar peserta didik pada materi alat peredaran darah sebelum menerapkan tipe STAD dibantu media gambar, 2) Penerapan tipe STAD dibantu media gambar pada materi alat peredaran darah, 3) Aktivitas belajar peserta didik pada materi alat peredaran darah setelah menerapakan tipe STAD dibantu media gambar, 4) Aktivitas belajar belajar peserta didik pada materi alat peredaran darah setelah menerapakan tipe STAD dibantu media gambar.
Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif dengan jenis penelitian tindakan kelas (PTK) yang terdiri dari 2 siklus dengan tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah peserta didik di kelas V SDN 03 Pontianak Selatan. Teknik pengumpulana data dalam penelitian ini adalah teknik tes, teknik observasi, dan dokumentasi. Alat pengumpulan data yang digunakan adalah Instrument tes, lembar observasi, dan dokumentasi.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan model kooperatif tipe STAD dibantu media gambar dapat meningkatkan aktivitas belajar peserta didik kelas V SDN 03 Pontianak Selatan. 1) Aktivitas belajar peserta didik sebelum menerapkan tipe STAD dibantu media gambar memperoleh nilai rata rata 44,68 dikategorikan sangat rendah; 2) Langkah langkah penerapan model kooperatif tipe STAD terlaksana dengan baik; 3) Aktivitas belajar peserta didik setelah menerapkan tipe STAD dibantu media gambar memperoleh nilai rata rata pada siklus I 71,75 dikategorikan cukup, 4)Terdapat peningkatan aktivitas belajar peserta didik pada siklus II aktivitas belajar peserta didik 81,90 dikategorikan cukup. Jadi dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran kooperatif tipe STAD dibantu media gambar dapat meningkatkan aktivitas belajar peserta didik pada materi alat peredaran darah di kelas V SDN 03 Pontianak Selatan