PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD DIBANTU MEDIA GAMBAR UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS BELAJAR PESERTA DIDIK MATERI ALAT PEREDARAN DARAH DI KELAS V SDN 03 PONTIANAK SELATAN TAHUN PELAJARAN 2023/2024

Show simple item record

dc.contributor.advisor Dulhadi, Dulhadi
dc.contributor.advisor Zaini, Akhmad
dc.contributor.advisor Hariansyah, Hariansyah
dc.contributor.advisor Setyaningrum, Vidya
dc.contributor.author HERMANIA, SITI
dc.date.accessioned 2024-08-01T02:30:14Z
dc.date.available 2024-08-01T02:30:14Z
dc.date.issued 2024-06
dc.identifier.uri https://digilib.iainptk.ac.id/xmlui/handle/123456789/4904
dc.description.abstract SITI HERMANIA, 11910197 Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD Dibantu Media Gambar Untuk Meningkatkan Aktivitas Belajar Peserta Didik Materi Alat Peredaran Darah Di Kelas V SDN 03 Pontianak Selatan.Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Kegururan (FTIK), Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI), Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Pontianak. Tujuan dari penelitian ini untuk mendeskripsikan: 1) Aktivitas belajar peserta didik pada materi alat peredaran darah sebelum menerapkan tipe STAD dibantu media gambar, 2) Penerapan tipe STAD dibantu media gambar pada materi alat peredaran darah, 3) Aktivitas belajar peserta didik pada materi alat peredaran darah setelah menerapakan tipe STAD dibantu media gambar, 4) Aktivitas belajar belajar peserta didik pada materi alat peredaran darah setelah menerapakan tipe STAD dibantu media gambar. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif dengan jenis penelitian tindakan kelas (PTK) yang terdiri dari 2 siklus dengan tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah peserta didik di kelas V SDN 03 Pontianak Selatan. Teknik pengumpulana data dalam penelitian ini adalah teknik tes, teknik observasi, dan dokumentasi. Alat pengumpulan data yang digunakan adalah Instrument tes, lembar observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan model kooperatif tipe STAD dibantu media gambar dapat meningkatkan aktivitas belajar peserta didik kelas V SDN 03 Pontianak Selatan. 1) Aktivitas belajar peserta didik sebelum menerapkan tipe STAD dibantu media gambar memperoleh nilai rata rata 44,68 dikategorikan sangat rendah; 2) Langkah langkah penerapan model kooperatif tipe STAD terlaksana dengan baik; 3) Aktivitas belajar peserta didik setelah menerapkan tipe STAD dibantu media gambar memperoleh nilai rata rata pada siklus I 71,75 dikategorikan cukup, 4)Terdapat peningkatan aktivitas belajar peserta didik pada siklus II aktivitas belajar peserta didik 81,90 dikategorikan cukup. Jadi dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran kooperatif tipe STAD dibantu media gambar dapat meningkatkan aktivitas belajar peserta didik pada materi alat peredaran darah di kelas V SDN 03 Pontianak Selatan en_US
dc.language.iso id en_US
dc.publisher IAIN Pontianak en_US
dc.subject Model Pembelajaran Kooperatif en_US
dc.subject Tipe STAD en_US
dc.subject Media Gambar en_US
dc.subject Aktivitas Belajar en_US
dc.title PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD DIBANTU MEDIA GAMBAR UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS BELAJAR PESERTA DIDIK MATERI ALAT PEREDARAN DARAH DI KELAS V SDN 03 PONTIANAK SELATAN TAHUN PELAJARAN 2023/2024 en_US
dc.type Skripsi en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search


Advanced Search

Browse

My Account