Abstract:
ANGGELA (12010152). Penerapan Model Pembelajaran Team Games Tournament Dibantu Media Question Card untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Peserta Didik Materi Gaya Kelas IV SDN 03 Pontianak Timur Tahun Ajaran 2023/2024. Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Institut Agama Islam Negeri Pontianak.
Rumusan Masalah Penelitian ini adalah bagaimana Penerapan Model Pembelajaran Team Games Tournament Dibantu Media Question Card untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Peserta Didik Materi Gaya Kelas IV SDN 03 Pontianak Timur Tahun Ajaran 2023/2024”. Tujuan penelitian ini adalah mendeskripisikan Penerapan Model Pembelajaran Team Games Tournament Dibantu Media Question Card untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Peserta Didik Materi Gaya Kelas IV SDN 03 Pontianak Timur Tahun Ajaran 2023/2024”.
Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) dengan pendekatan penelitian kuantitatif yang dilaksanakan dua siklus. Lokasi penelitian bertempat di SDN 03 Pontianak Timur dengan sumber data adalah kelas IV A. Teknis pengumpulan data berupa tes, observasi dan dokumentasi. Alat pengumpulan data berupa lembar soal pilihan ganda, lembar observasi, foto, video, serta transkip nilai. Analisis data berupa analisis persentase dan mean.
Berdasarkan analisis yang dilakukan maka peneliti dapat menyimpulkan bahwa: 1) Proses perencanaan pembelajaran yang mengunakan model pembelajaran Team Games Tournament dilakukan dengan merancang Modul Ajar. 2) Proses pelaksanaan pembelajaran yang menggunakan Team Games Tournament untuk meningkatkan prestasi belajar peserta didik dilakukan dengan mengacu pada skenario pembelajaran yang telah dirancang. 3) Penilaian proses siklus I dan II dilakukan dengan mengamati aktivitas pembelajaran peserta didik selama proses pembelajaran berlangsung. Aspek kemampuan atau aktivitas belajar yang diobservasi tersebut adalah aktivitas mendengarkan, diskusi, bentuk kelompok, pertandingan, penghargaan. Kemudian penilaian hasil pembelajaran dilakukan dengan memberikan tes prestasi belajar peserta didik setiap akhir pembelajaran. 4) Terdapat peningkatan prestasi belajar peserta didik pada mata pelajaran IPAS materi Gaya dan perubahannya kelas IV A sebelum dan sesudah diterapkan model pembelajaran Team Games Tournament di SDN 03 Pontianak Timur yaitu pada prasiklus ketuntasan klasikal peserta didik sebesar 54,3% pada siklus I meningkat menjadi 62,2% sedangkan siklus II meningkat menjadi 86,7%.