PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN TEAM GAMES TOURNAMENT DIBANTU MEDIA QUESTION CARD UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS lV PADA PEMBELAJARAN IPAS SKRIPSI ANGGELA

Show simple item record

dc.contributor.advisor Sukino, Sukino
dc.contributor.advisor Setyaningrum, Vidya
dc.contributor.advisor Basafpipana, Maha Lastasa Buju
dc.contributor.advisor Resvan, Resvan
dc.contributor.author ANGGELA, ANGGELA
dc.date.accessioned 2024-07-16T03:34:06Z
dc.date.available 2024-07-16T03:34:06Z
dc.date.issued 2024-06
dc.identifier.uri https://digilib.iainptk.ac.id/xmlui/handle/123456789/4851
dc.description.abstract ANGGELA (12010152). Penerapan Model Pembelajaran Team Games Tournament Dibantu Media Question Card untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Peserta Didik Materi Gaya Kelas IV SDN 03 Pontianak Timur Tahun Ajaran 2023/2024. Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Institut Agama Islam Negeri Pontianak. Rumusan Masalah Penelitian ini adalah bagaimana Penerapan Model Pembelajaran Team Games Tournament Dibantu Media Question Card untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Peserta Didik Materi Gaya Kelas IV SDN 03 Pontianak Timur Tahun Ajaran 2023/2024”. Tujuan penelitian ini adalah mendeskripisikan Penerapan Model Pembelajaran Team Games Tournament Dibantu Media Question Card untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Peserta Didik Materi Gaya Kelas IV SDN 03 Pontianak Timur Tahun Ajaran 2023/2024”. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) dengan pendekatan penelitian kuantitatif yang dilaksanakan dua siklus. Lokasi penelitian bertempat di SDN 03 Pontianak Timur dengan sumber data adalah kelas IV A. Teknis pengumpulan data berupa tes, observasi dan dokumentasi. Alat pengumpulan data berupa lembar soal pilihan ganda, lembar observasi, foto, video, serta transkip nilai. Analisis data berupa analisis persentase dan mean. Berdasarkan analisis yang dilakukan maka peneliti dapat menyimpulkan bahwa: 1) Proses perencanaan pembelajaran yang mengunakan model pembelajaran Team Games Tournament dilakukan dengan merancang Modul Ajar. 2) Proses pelaksanaan pembelajaran yang menggunakan Team Games Tournament untuk meningkatkan prestasi belajar peserta didik dilakukan dengan mengacu pada skenario pembelajaran yang telah dirancang. 3) Penilaian proses siklus I dan II dilakukan dengan mengamati aktivitas pembelajaran peserta didik selama proses pembelajaran berlangsung. Aspek kemampuan atau aktivitas belajar yang diobservasi tersebut adalah aktivitas mendengarkan, diskusi, bentuk kelompok, pertandingan, penghargaan. Kemudian penilaian hasil pembelajaran dilakukan dengan memberikan tes prestasi belajar peserta didik setiap akhir pembelajaran. 4) Terdapat peningkatan prestasi belajar peserta didik pada mata pelajaran IPAS materi Gaya dan perubahannya kelas IV A sebelum dan sesudah diterapkan model pembelajaran Team Games Tournament di SDN 03 Pontianak Timur yaitu pada prasiklus ketuntasan klasikal peserta didik sebesar 54,3% pada siklus I meningkat menjadi 62,2% sedangkan siklus II meningkat menjadi 86,7%. en_US
dc.language.iso id en_US
dc.publisher IAIN Pontianak en_US
dc.subject Model Pembelajaran Team Games Tournament (TGT). en_US
dc.subject Ilmu Pengetahuan Alam dan Sosial en_US
dc.subject Prestasi Belajar en_US
dc.title PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN TEAM GAMES TOURNAMENT DIBANTU MEDIA QUESTION CARD UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS lV PADA PEMBELAJARAN IPAS SKRIPSI ANGGELA en_US
dc.type Skripsi en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search


Advanced Search

Browse

My Account