Abstract:
Lilis Ayunda, 11910148. Pengaruh Model Student Facilitator and Explaining
Berbantuan Media Time Line Chart Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Kelas
V Tema 7: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan (FTIK) Program Studi
Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI) Institut Agama Islam Negeri
Pontianak (IAIN). 2023.
Tujuan penelitian ini adalah untuk menjelaskan: 1) Perbedaan rata-rata hasil
belajar (pre-test) kelas kontrol dan kelas eksperimen dalam pembelajaran tematik
tema 7 pada peserta didik kelas V; 2) langkah-langkah penerapan model
pembelajaran Student Facilittaor and Explaining berbantuan media Time Line
Chart tema 7 kelas V; 3) hasil belajar (post-test) peserta didik kelas eksperimen
dalam model pembelajaran Student Facilitator and Explaining berbantuan media
Time Line Chart dan kelas kontrol tanpa menggunakan model Student Facilitator
and Explaining berbantuan media Time Line Chart dalam pembelajaran tematik
tema 7 kelas V; 4) besar pengaruh model Student Facilitator and Explaining
berbantuan media Time Line Chart terhadap hasil belajar peserta didik pada
pembelajaran tematik 7 kelas V.
Penelitian ini menggunakan metode penelitian Quasi Eksperimen. Lokasi
penelitian dalam penelitian ini yaitu di SDN 12 Pontianak Timur. Populasi dalam
penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas V yang berjumlah 75 di SDN 12
Pontianak Timur, sedangkan sampel dalam penelitian ini adalah peserta didik
kelas VA dan VB SDN 12 Pontianak Timur. Teknik pengumpulan data data
dalam penelitian ini adalah observasi, pengukuran tes, dan dokumentasi. Teknik
analisis data dalam penelitian ini yaitu analisis instrument, analisis deskriptif,
analisis pengaruh, uji normalitas data, uji hipotesis, uji homogenitas, dan indeks
diterminasi. Berdasarkan analisis yang telah dilakukan maka peneliti
menyimpulkan bahwa: 1) terdapat perbedaan hasil belajar peserta didik pada
tematik tema 7 subtema II kelas V di SDN 12 Pontianak Timur yang tidak di
terapkan penggunaan model Student Facilitator and Explaining berbantuan media
Time Line Chart terdapat rata-rata 64,62 pada kelas kontrol dan rata-rata pada
kelas eksperimen sebesar 69,08: 2) langkah-langkah penerapan model Student
Facilitator and Explaining berbantuan media Time Line Chart telah terlaksana
dengan baik. Artinya peneliti telah melaksanakan semua langkah-langkah
pembelajaran model ini: 3) hasil belajar peserta didik pada tematik tema 7
subtema II di kelas V di SDN 12 Pontianak Timur dalam model Student
Facilitator and Explaining berbantuan media Time Line Chart terdapat nilai ratarata
post-testnya sebesar 90, sedangkan nilai rata0rata kelas kontrol tanpa
menggunakan model Student Facilitator and Explaining berbantuan media Time
Line Chart sebesar 74.58: 4) terdapat pengaruh yang signifikan terhadap hasil
belajar peserta didik pada pembelajaran tematik tema 7 subtema II kelas V SDN
12 Pontianak Timur.