PENGARUH MODEL STUDENT FACILITATOR AND EXPLAINING BERBANTUAN MEDIA TIME LINE CHART TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK TEMA 7 KELAS V DI SDN 12 PONTIANAK TIMUR

Show simple item record

dc.contributor.advisor Wahab, Wahab
dc.contributor.advisor Habaridota, Maha Lastasa Buju Basafpipana
dc.contributor.advisor Tursina, Nani
dc.contributor.advisor Prakoso, Imam Agung
dc.contributor.author AYUNDA, LILIS
dc.date.accessioned 2024-07-02T03:18:55Z
dc.date.available 2024-07-02T03:18:55Z
dc.date.issued 2023-11
dc.identifier.uri https://digilib.iainptk.ac.id/xmlui/handle/123456789/4805
dc.description.abstract Lilis Ayunda, 11910148. Pengaruh Model Student Facilitator and Explaining Berbantuan Media Time Line Chart Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Kelas V Tema 7: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan (FTIK) Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI) Institut Agama Islam Negeri Pontianak (IAIN). 2023. Tujuan penelitian ini adalah untuk menjelaskan: 1) Perbedaan rata-rata hasil belajar (pre-test) kelas kontrol dan kelas eksperimen dalam pembelajaran tematik tema 7 pada peserta didik kelas V; 2) langkah-langkah penerapan model pembelajaran Student Facilittaor and Explaining berbantuan media Time Line Chart tema 7 kelas V; 3) hasil belajar (post-test) peserta didik kelas eksperimen dalam model pembelajaran Student Facilitator and Explaining berbantuan media Time Line Chart dan kelas kontrol tanpa menggunakan model Student Facilitator and Explaining berbantuan media Time Line Chart dalam pembelajaran tematik tema 7 kelas V; 4) besar pengaruh model Student Facilitator and Explaining berbantuan media Time Line Chart terhadap hasil belajar peserta didik pada pembelajaran tematik 7 kelas V. Penelitian ini menggunakan metode penelitian Quasi Eksperimen. Lokasi penelitian dalam penelitian ini yaitu di SDN 12 Pontianak Timur. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas V yang berjumlah 75 di SDN 12 Pontianak Timur, sedangkan sampel dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas VA dan VB SDN 12 Pontianak Timur. Teknik pengumpulan data data dalam penelitian ini adalah observasi, pengukuran tes, dan dokumentasi. Teknik analisis data dalam penelitian ini yaitu analisis instrument, analisis deskriptif, analisis pengaruh, uji normalitas data, uji hipotesis, uji homogenitas, dan indeks diterminasi. Berdasarkan analisis yang telah dilakukan maka peneliti menyimpulkan bahwa: 1) terdapat perbedaan hasil belajar peserta didik pada tematik tema 7 subtema II kelas V di SDN 12 Pontianak Timur yang tidak di terapkan penggunaan model Student Facilitator and Explaining berbantuan media Time Line Chart terdapat rata-rata 64,62 pada kelas kontrol dan rata-rata pada kelas eksperimen sebesar 69,08: 2) langkah-langkah penerapan model Student Facilitator and Explaining berbantuan media Time Line Chart telah terlaksana dengan baik. Artinya peneliti telah melaksanakan semua langkah-langkah pembelajaran model ini: 3) hasil belajar peserta didik pada tematik tema 7 subtema II di kelas V di SDN 12 Pontianak Timur dalam model Student Facilitator and Explaining berbantuan media Time Line Chart terdapat nilai ratarata post-testnya sebesar 90, sedangkan nilai rata0rata kelas kontrol tanpa menggunakan model Student Facilitator and Explaining berbantuan media Time Line Chart sebesar 74.58: 4) terdapat pengaruh yang signifikan terhadap hasil belajar peserta didik pada pembelajaran tematik tema 7 subtema II kelas V SDN 12 Pontianak Timur. en_US
dc.language.iso id en_US
dc.publisher IAIN Pontianak en_US
dc.subject Hasil Belajar en_US
dc.subject Model Student Facilitator and Explaining (SFE) en_US
dc.subject Media Time Line Chart en_US
dc.title PENGARUH MODEL STUDENT FACILITATOR AND EXPLAINING BERBANTUAN MEDIA TIME LINE CHART TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK TEMA 7 KELAS V DI SDN 12 PONTIANAK TIMUR en_US
dc.type Skripsi en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search


Advanced Search

Browse

My Account