Abstract:
HARTI WAHYUNI, Pengaruh Penggunaan Model Probing-Prompting terhadap Hasil Belajar IPA Peserta didik pada Materi Energi Bunyi Kelas IV SDI Hidayatul Muhsinin Kecamatan Sungai Kakap Kabupaten Kubu Raya: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Institut Agama Islam Negeri Pontianak, 2023.
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hasil belajar IPA peserta didik pada materi energi bunyi sebelum menggunakan model probing-promting kelas IV SDI Hidayatul Muhsinin. Langkah-langkah penggunaan model Probing-Prompting selama proses pembelajaran berlangsung di kelas IV SDI Hidayatul Muhsinin. Hasil belajar IPA peserta didik pada materi energi bunyi setelah menggunakan model probing prompting kelas IV SDI Hidayatul Muhsinin. Pengaruh penggunaan model probing-promting terhadap hasil belajar IPA peserta didik pada materi energi bunyi kelas IV SDI Hidayatul Muhsinin Kecamatan Sungai Kakap Kabupaten Kabu Raya.
Penelitian ini termasuk penelitian kuantitatif tipe eksperimen. Sumber data penelitian ini adalah 40 orang peserta didik kelas IV SDI Hidayatul Muhsinin sebagai sampel. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini ialah dengan menggunakan tes, observasi dan dokumentasi. Sedangkan untuk menganalisis data dalam penelitian ini menggunakan uji validitass dan reliabilitas, uji normalitas, uji homogenitas dan uji hipotesis.
Berdasarkan pada analisis yang dilakukan, maka penelitian menyimpulkan bahwa: Hasil belajar peserta didik sebelum menggunakan model probing-prompting tampak jelas masih dibawah KKM. Dapat dilihat rata-rata kelas eksperimen 68,40 dengan nilai minimum 60 dan maksimum 80 sedangkan kelas kontrol 67,40 dengan nilai minimum 48 dan maksimum 84; Langkah-langkah penggunaan model probing-prompting selama proses pembelajaran terdiri dari 7 langkah pembelajaran dan telah terlaksanakan dengan baik; Hail belajar peserta didik setelah menggunakan model probing-prompting maka diperoleh post test hasil belajar peserta didik materi energi bunyi pada kelas eksperimen rata-rata 86,00 dengan nilai minimum 72 dan maksimum 100 sedangkan kelas kontrol rata-rata 80,00 dengan nilai minimum 64 dan maksimum 96; Berdasarkan perhitungan dengan menggunakan effect size adalah sebesar 0,85. Maka dapat disimpulkan model Probing-Prompting memberi pengaruh terhadap hasil belajar peserta didik kelas IV SDI Hidayatul Muhsinin Kecamatan Sungai Kakap Kabupaten Kubu Raya.