PENGARUH PENGGUNAAN MODEL PROBING-PROMTING TERHADAP HASIL BELAJAR IPA PESERTA DIDIK PADA MATERI ENERGI BUNYI KELAS IV SDI HIDAYATUL MUHSININ KECAMATAN SUNGAI KAKAP KABUPATEN KUBU RAYA 2022/2023

Show simple item record

dc.contributor.advisor Yapandi, Yapandi
dc.contributor.advisor Setyaningrum, Vidya
dc.contributor.advisor Achmad, Firdaus
dc.contributor.advisor Kartini, Kartini
dc.contributor.author WAHYUNI, HARTI
dc.date.accessioned 2024-06-06T01:56:21Z
dc.date.available 2024-06-06T01:56:21Z
dc.date.issued 2023-11
dc.identifier.uri https://digilib.iainptk.ac.id/xmlui/handle/123456789/4690
dc.description.abstract HARTI WAHYUNI, Pengaruh Penggunaan Model Probing-Prompting terhadap Hasil Belajar IPA Peserta didik pada Materi Energi Bunyi Kelas IV SDI Hidayatul Muhsinin Kecamatan Sungai Kakap Kabupaten Kubu Raya: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Institut Agama Islam Negeri Pontianak, 2023. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hasil belajar IPA peserta didik pada materi energi bunyi sebelum menggunakan model probing-promting kelas IV SDI Hidayatul Muhsinin. Langkah-langkah penggunaan model Probing-Prompting selama proses pembelajaran berlangsung di kelas IV SDI Hidayatul Muhsinin. Hasil belajar IPA peserta didik pada materi energi bunyi setelah menggunakan model probing prompting kelas IV SDI Hidayatul Muhsinin. Pengaruh penggunaan model probing-promting terhadap hasil belajar IPA peserta didik pada materi energi bunyi kelas IV SDI Hidayatul Muhsinin Kecamatan Sungai Kakap Kabupaten Kabu Raya. Penelitian ini termasuk penelitian kuantitatif tipe eksperimen. Sumber data penelitian ini adalah 40 orang peserta didik kelas IV SDI Hidayatul Muhsinin sebagai sampel. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini ialah dengan menggunakan tes, observasi dan dokumentasi. Sedangkan untuk menganalisis data dalam penelitian ini menggunakan uji validitass dan reliabilitas, uji normalitas, uji homogenitas dan uji hipotesis. Berdasarkan pada analisis yang dilakukan, maka penelitian menyimpulkan bahwa: Hasil belajar peserta didik sebelum menggunakan model probing-prompting tampak jelas masih dibawah KKM. Dapat dilihat rata-rata kelas eksperimen 68,40 dengan nilai minimum 60 dan maksimum 80 sedangkan kelas kontrol 67,40 dengan nilai minimum 48 dan maksimum 84; Langkah-langkah penggunaan model probing-prompting selama proses pembelajaran terdiri dari 7 langkah pembelajaran dan telah terlaksanakan dengan baik; Hail belajar peserta didik setelah menggunakan model probing-prompting maka diperoleh post test hasil belajar peserta didik materi energi bunyi pada kelas eksperimen rata-rata 86,00 dengan nilai minimum 72 dan maksimum 100 sedangkan kelas kontrol rata-rata 80,00 dengan nilai minimum 64 dan maksimum 96; Berdasarkan perhitungan dengan menggunakan effect size adalah sebesar 0,85. Maka dapat disimpulkan model Probing-Prompting memberi pengaruh terhadap hasil belajar peserta didik kelas IV SDI Hidayatul Muhsinin Kecamatan Sungai Kakap Kabupaten Kubu Raya. en_US
dc.language.iso id en_US
dc.publisher IAIN Pontianak en_US
dc.subject Model Probing-Prompting en_US
dc.subject hasil belajar Materi Energi Bunyi en_US
dc.title PENGARUH PENGGUNAAN MODEL PROBING-PROMTING TERHADAP HASIL BELAJAR IPA PESERTA DIDIK PADA MATERI ENERGI BUNYI KELAS IV SDI HIDAYATUL MUHSININ KECAMATAN SUNGAI KAKAP KABUPATEN KUBU RAYA 2022/2023 en_US
dc.type Skripsi en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search


Advanced Search

Browse

My Account