Abstract:
RAHMAT HAITAMI, 11910175. Peningkatan Pemahaman Peserta Didik
Terhadap Konsep Perkalian Bilangan Melalui Strategi Jigsaw Berbantuan Media
Ular Tangga Dikelas II Madrasah Ibtidaiyah Hidayatul Mustaqim (jongkong)
Tahun 2023/2024. Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI).
Fakultas Tarbiah dan Ilmu Keguruan (FTIK). Institut Agama Islam Negeri (IAIN)
Pontianak 2024.
Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan: 1) Mendeskripsikan
pemahaman peserta didik terhadap konsep perkalian sebelum di terapkan srategi
jigsaw berbantuan media ular tangga. 2) Mendeskripsikan bagaimana penerapan
strategi jigsaw berbantuan media ular tangga untuk meningkatkan pemahaman
perkalian di kelas 2 MI Hidayatul Mustaqim (Jongkong). 3) Mendeskripsikan
pemahaman perkalian peserta didik di kelas 2 MI Hidayatul Mustaqim (Jongkong)
setelah diterapkan strategi jigsaw berbantuan media ular tangga. 4)
Mendeskripsikan peningkatan setelah diterapkan strategi jigsaw beerbantuan
media ular tangga tangga pada perserta didik di kelas II MI Hidayatul Mustaqim
(Jongkong).Metode penelitian ini menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas.
Tehnik pengumpulan data pada penelitian ini adalah observasi pengukuran dan
dokumentasi. Alat pengumpulan data dalam penelitian ini adalah lembar observasi
mengumpul data dengan cara mengamati setiap kejadian yang berlangsung
dengan catatan lapangan pada lembar observasi, peserta didik mengisi lembar tes
soal untuk mengukur kemampuan berhitung peserta didik dan mengisi list
dokumen berupa file RPP, gambar-gambar, tabel-tabel dan lain sebagainya.
Hasil penelitian ini dapat disimpulkan sebagai berikut: 1 ) Pemahaman
peserta didik sebelum diterapkan strategi jigsaw berbantuan media ular tangga,
persentase nilai peserta didik tidak tuntas sebesar 81,8% dan pesentase tuntas
18,2%; 2) Penerapan strategi jigsaw berbantuan media ular tangga untuk
meningkatkan pemahaman peserta didik terhadap konsep perkalian bilangan pada
perserta didik di kelas II, berdasarkan nilai rata-rata pada siklus I sebesar 70 dan
mengalami peningkatan pada siklus II dengan nilai rata-rata sebesar 80; 3)
Pemahaman perkalian perserta didik di kelas II MI Hidayatul Mustaqim
(Jongkong) setelah diterapkan strategi jigsaw berbantuan media ular tangga
persentase ketuntasan peserta didik pada siklus I sebesar 59,1% sedangkan pada
siklus II persentase ketuntasan sebesar 77,27%; 4) Peningkatan setelah diterapkan
strategi jigsaw beerbantuan media ular tangga pada perserta didik di kelas II MI
Hidayatul Mustaqim (Jongkong). dilihat dari nilai data awal observasi persentase
ketuntasan sebesar 18,2%, sedangkan pada nilai siklus I ketuntasan sebesar 59,1%
dan pada nilai siklus II persentase ketuntasan sebesar 77,27%. Dilihat dari
persentase ketuntasan dari setiap siklus selalu mengalami peningkatan setelah
penggunaan strategi jigsaw berbantuan media ular tangga untuk meningkatkan
pemahaman peserta didik terhadap konsep perkalian bilangan di kelas II MI
Hidayatul Mustaqim (Jongkong) tahun pelajaran 2023/2024.