PENINGKATAN PEMAHAMAN PESERTA DIDIK TERHADAP KONSEP PERKALIAN BILANGAN MELALUI STRATEGI JIGSAW BERBANTUAN MEDIA ULAR TANGGA DI KELAS II MI HIDAYATUL MUSTAQIM (JONGKONG) TAHUN PELAJARAN 2023/2024

Show simple item record

dc.contributor.advisor Mansur, Mansur
dc.contributor.advisor Setyaningrum, Vidya
dc.contributor.advisor Kartini, Kartini
dc.contributor.advisor Septianawati, Desty
dc.contributor.author HAITAMI, RAHMAT
dc.date.accessioned 2024-04-18T03:41:14Z
dc.date.available 2024-04-18T03:41:14Z
dc.date.issued 2024-03
dc.identifier.uri https://digilib.iainptk.ac.id/xmlui/handle/123456789/4569
dc.description.abstract RAHMAT HAITAMI, 11910175. Peningkatan Pemahaman Peserta Didik Terhadap Konsep Perkalian Bilangan Melalui Strategi Jigsaw Berbantuan Media Ular Tangga Dikelas II Madrasah Ibtidaiyah Hidayatul Mustaqim (jongkong) Tahun 2023/2024. Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI). Fakultas Tarbiah dan Ilmu Keguruan (FTIK). Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Pontianak 2024. Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan: 1) Mendeskripsikan pemahaman peserta didik terhadap konsep perkalian sebelum di terapkan srategi jigsaw berbantuan media ular tangga. 2) Mendeskripsikan bagaimana penerapan strategi jigsaw berbantuan media ular tangga untuk meningkatkan pemahaman perkalian di kelas 2 MI Hidayatul Mustaqim (Jongkong). 3) Mendeskripsikan pemahaman perkalian peserta didik di kelas 2 MI Hidayatul Mustaqim (Jongkong) setelah diterapkan strategi jigsaw berbantuan media ular tangga. 4) Mendeskripsikan peningkatan setelah diterapkan strategi jigsaw beerbantuan media ular tangga tangga pada perserta didik di kelas II MI Hidayatul Mustaqim (Jongkong).Metode penelitian ini menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas. Tehnik pengumpulan data pada penelitian ini adalah observasi pengukuran dan dokumentasi. Alat pengumpulan data dalam penelitian ini adalah lembar observasi mengumpul data dengan cara mengamati setiap kejadian yang berlangsung dengan catatan lapangan pada lembar observasi, peserta didik mengisi lembar tes soal untuk mengukur kemampuan berhitung peserta didik dan mengisi list dokumen berupa file RPP, gambar-gambar, tabel-tabel dan lain sebagainya. Hasil penelitian ini dapat disimpulkan sebagai berikut: 1 ) Pemahaman peserta didik sebelum diterapkan strategi jigsaw berbantuan media ular tangga, persentase nilai peserta didik tidak tuntas sebesar 81,8% dan pesentase tuntas 18,2%; 2) Penerapan strategi jigsaw berbantuan media ular tangga untuk meningkatkan pemahaman peserta didik terhadap konsep perkalian bilangan pada perserta didik di kelas II, berdasarkan nilai rata-rata pada siklus I sebesar 70 dan mengalami peningkatan pada siklus II dengan nilai rata-rata sebesar 80; 3) Pemahaman perkalian perserta didik di kelas II MI Hidayatul Mustaqim (Jongkong) setelah diterapkan strategi jigsaw berbantuan media ular tangga persentase ketuntasan peserta didik pada siklus I sebesar 59,1% sedangkan pada siklus II persentase ketuntasan sebesar 77,27%; 4) Peningkatan setelah diterapkan strategi jigsaw beerbantuan media ular tangga pada perserta didik di kelas II MI Hidayatul Mustaqim (Jongkong). dilihat dari nilai data awal observasi persentase ketuntasan sebesar 18,2%, sedangkan pada nilai siklus I ketuntasan sebesar 59,1% dan pada nilai siklus II persentase ketuntasan sebesar 77,27%. Dilihat dari persentase ketuntasan dari setiap siklus selalu mengalami peningkatan setelah penggunaan strategi jigsaw berbantuan media ular tangga untuk meningkatkan pemahaman peserta didik terhadap konsep perkalian bilangan di kelas II MI Hidayatul Mustaqim (Jongkong) tahun pelajaran 2023/2024. en_US
dc.language.iso id en_US
dc.publisher IAIN Pontianak en_US
dc.subject Srategi Jigsaw en_US
dc.subject Media ular Tangga en_US
dc.subject pemahaman konsep perkalian bilangan. en_US
dc.title PENINGKATAN PEMAHAMAN PESERTA DIDIK TERHADAP KONSEP PERKALIAN BILANGAN MELALUI STRATEGI JIGSAW BERBANTUAN MEDIA ULAR TANGGA DI KELAS II MI HIDAYATUL MUSTAQIM (JONGKONG) TAHUN PELAJARAN 2023/2024 en_US
dc.type Skripsi en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search


Advanced Search

Browse

My Account