Abstract:
MERNANI. Penerapan Strategi Example Non Example Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik pada Materi Persatuan dan Kesatuan Di Kelas V A SD Muhammadiyah 1 Pontianak Tahun Pelajaran 2022/2023: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Pontianak, 2024
Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan menggunakan metode deskriptif. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara tes, observasi, dan dokumentasi. Sedangkan untuk Teknik analisis data yaitu mean (rata-rata), persentase, indicator keberhasilan PTK.
Hasil belajar sebelum menggunakan strategi example non example di peroleh dengan rata-rata nilai sebesar 60,3. Peserta didik yang tuntas berjumlah 7 orang atau 26% peserta didik yang memiliki kriteria ketuntasan minimum (KKM). Rata-rata hasil belajar peserta didik kelas V A mata Pelajaran PPKn tema 9 sub tema 1 materi persatuan dan kesatuan Indonesia pada pra siklus adalah sebesar 63,4, siklus I adalah sebesar 68,8. Sedangkan siklus II adalah sebesar 85, 38. Terdapat peningkatan hasil belajar setelah menggunakan strategi pembelajaran example non example untuk meningkatkan hasil belajar materi persatuan dan kesatuan bangsa Indonesia di kelas V A SD Muhammadiyah 1 Pontianak tahun pelajaran 2022/2023 adalah dari pra siklus ke siklus I mengalami peningkatan sebesar 27% atau 7 orang peserta didik yang tuntas, dari siklus I ke siklus II mengalami peningkatan sebesar 35% atau 9 orang peserta didik yang tuntas sedangkan dari pra siklus ke siklus II mengalami peningkatan sebesar 62% atau 16 orang peserta didik yang tuntas.