PENERAPAN STRATEGI EXAMPLE NON EXAMPLE TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATERI PERSATUAN DAN KESATUAN DI KELAS V A SD MUHAMMADIYAH 1 PONTIANAK TAHUN PELAJARAN 2022/2023

Show simple item record

dc.contributor.advisor Rianawati, Rianawati
dc.contributor.advisor Fathurrosi, Fathurrosi
dc.contributor.advisor Asmiati, Syarifah
dc.contributor.advisor Mabaridota, Maha Lastasa Buju Basafpipana
dc.contributor.author MERNANI, MERNANI
dc.date.accessioned 2024-04-18T03:36:10Z
dc.date.available 2024-04-18T03:36:10Z
dc.date.issued 2024-02
dc.identifier.uri https://digilib.iainptk.ac.id/xmlui/handle/123456789/4568
dc.description.abstract MERNANI. Penerapan Strategi Example Non Example Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik pada Materi Persatuan dan Kesatuan Di Kelas V A SD Muhammadiyah 1 Pontianak Tahun Pelajaran 2022/2023: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Pontianak, 2024 Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan menggunakan metode deskriptif. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara tes, observasi, dan dokumentasi. Sedangkan untuk Teknik analisis data yaitu mean (rata-rata), persentase, indicator keberhasilan PTK. Hasil belajar sebelum menggunakan strategi example non example di peroleh dengan rata-rata nilai sebesar 60,3. Peserta didik yang tuntas berjumlah 7 orang atau 26% peserta didik yang memiliki kriteria ketuntasan minimum (KKM). Rata-rata hasil belajar peserta didik kelas V A mata Pelajaran PPKn tema 9 sub tema 1 materi persatuan dan kesatuan Indonesia pada pra siklus adalah sebesar 63,4, siklus I adalah sebesar 68,8. Sedangkan siklus II adalah sebesar 85, 38. Terdapat peningkatan hasil belajar setelah menggunakan strategi pembelajaran example non example untuk meningkatkan hasil belajar materi persatuan dan kesatuan bangsa Indonesia di kelas V A SD Muhammadiyah 1 Pontianak tahun pelajaran 2022/2023 adalah dari pra siklus ke siklus I mengalami peningkatan sebesar 27% atau 7 orang peserta didik yang tuntas, dari siklus I ke siklus II mengalami peningkatan sebesar 35% atau 9 orang peserta didik yang tuntas sedangkan dari pra siklus ke siklus II mengalami peningkatan sebesar 62% atau 16 orang peserta didik yang tuntas. en_US
dc.language.iso id en_US
dc.publisher IAIN Pontianak en_US
dc.subject Example non Example en_US
dc.subject Hasil Belajar en_US
dc.title PENERAPAN STRATEGI EXAMPLE NON EXAMPLE TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATERI PERSATUAN DAN KESATUAN DI KELAS V A SD MUHAMMADIYAH 1 PONTIANAK TAHUN PELAJARAN 2022/2023 en_US
dc.type Skripsi en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search


Advanced Search

Browse

My Account