Abstract:
Tujuan penelitian ini adalah untuk: 1) Mengetahui penggunaan metode
drill berbantuan nyanyian pada mata pelajaran matematika materi
pengukuran satuan berat kelas III SDN 9 Sungai Kakap Kabupaten Kubu
Raya tahun pelajaran 2022/2023. 2) Mengetahui prestasi belajar peserta didik
pada mata pelajaran matematika materi pengukuran satuan berat kelas III
SDN 9 Sungai Kakap Kabupaten Kubu Raya tahun pelajaran 2022/2023. 3)
Mengetahui apakah terdapat pengaruh penggunaan metode drill berbantuan
nyanyian terhadap prestasi belajar peserta didik pada mata pelajaran
matematika materi pengukuran satuan berat kelas II SDN 9 Sungai Kakap
Kabupaten Kubu Raya tahun pelajaran 2022/2023.
Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan
kuantitatif, dengan jenis penelitian eksperimen menggunakan nonequivalent
control group design. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini adalah
observasi, tes dan dokumentasi sedangkan instrumen pengumpulan data yang
digunakan adalah lembar observasi, lembar tes berupa pilihan ganda (pretest
dan posttest) berjumlah 10 soal dan pedoman dokumentasi. Subjek penelitian
ini adalah peserta didik kelas III. Proses analisis data dengan melakukan uji
analisis butir, uji normalitas, dan uji mann whitney menggunakan aplikasi
SPSS 19.
Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan menunjukkan bahwa
pertama, pelaksanaan pembelajaran menggunakan metode drill berbantuan
nyanyian dilaksanakan selama dua kali pertemuan yang mana langkahlangkah penggunaan 100% dilaksanakan sesuai dengan yang telah ditentukan
yang diawali dengan memberikan tes awal (pretest) kemudian sampai dengan
peneliti memberikan tes akhir (posttest). Kedua prestasi belajar peserta didik
untuk kelas kontrol dengan nilai rata-rata sebesar 73,33 termasuk dalam
kategori tinggi, sedangkan untuk kelas eksperimen dengan nilai rata-rata
sebesar 83,18 termasuk dalam kategori sangat tinggi. Ketiga berdasarkan
hasil pengujian menunjukkan bahwa penggunaan metode drill berbantuan
nyanyian berpengaruh secara signifikan terhadap prestasi belajar dengan
signifikansi 0,000. Nilai ini < dari α (0,05).