PENGARUH PENGGUNAAN METODE DRILL BERBANTUAN NYANYIAN TERHADAP PRESTASI BELAJAR PESERTA DIDIK MATERI PENGUKURAN SATUAN BERAT KELAS III SDN 9 SUNGAI KAKAP KABUPATEN KUBU RAYA TAHUN PELAJARAN 2022/2023

Show simple item record

dc.contributor.advisor Hasmy, Ali
dc.contributor.advisor Prakoso, Imam Agung
dc.contributor.author Yuda, Yuda
dc.date.accessioned 2023-10-30T04:08:29Z
dc.date.available 2023-10-30T04:08:29Z
dc.date.issued 2023-08
dc.identifier.uri https://digilib.iainptk.ac.id/xmlui/handle/123456789/4193
dc.description.abstract Tujuan penelitian ini adalah untuk: 1) Mengetahui penggunaan metode drill berbantuan nyanyian pada mata pelajaran matematika materi pengukuran satuan berat kelas III SDN 9 Sungai Kakap Kabupaten Kubu Raya tahun pelajaran 2022/2023. 2) Mengetahui prestasi belajar peserta didik pada mata pelajaran matematika materi pengukuran satuan berat kelas III SDN 9 Sungai Kakap Kabupaten Kubu Raya tahun pelajaran 2022/2023. 3) Mengetahui apakah terdapat pengaruh penggunaan metode drill berbantuan nyanyian terhadap prestasi belajar peserta didik pada mata pelajaran matematika materi pengukuran satuan berat kelas II SDN 9 Sungai Kakap Kabupaten Kubu Raya tahun pelajaran 2022/2023. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif, dengan jenis penelitian eksperimen menggunakan nonequivalent control group design. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini adalah observasi, tes dan dokumentasi sedangkan instrumen pengumpulan data yang digunakan adalah lembar observasi, lembar tes berupa pilihan ganda (pretest dan posttest) berjumlah 10 soal dan pedoman dokumentasi. Subjek penelitian ini adalah peserta didik kelas III. Proses analisis data dengan melakukan uji analisis butir, uji normalitas, dan uji mann whitney menggunakan aplikasi SPSS 19. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan menunjukkan bahwa pertama, pelaksanaan pembelajaran menggunakan metode drill berbantuan nyanyian dilaksanakan selama dua kali pertemuan yang mana langkahlangkah penggunaan 100% dilaksanakan sesuai dengan yang telah ditentukan yang diawali dengan memberikan tes awal (pretest) kemudian sampai dengan peneliti memberikan tes akhir (posttest). Kedua prestasi belajar peserta didik untuk kelas kontrol dengan nilai rata-rata sebesar 73,33 termasuk dalam kategori tinggi, sedangkan untuk kelas eksperimen dengan nilai rata-rata sebesar 83,18 termasuk dalam kategori sangat tinggi. Ketiga berdasarkan hasil pengujian menunjukkan bahwa penggunaan metode drill berbantuan nyanyian berpengaruh secara signifikan terhadap prestasi belajar dengan signifikansi 0,000. Nilai ini < dari α (0,05). en_US
dc.language.iso id en_US
dc.publisher IAIN Pontianak en_US
dc.subject Metode Drill Berbantuan Nyanyian en_US
dc.subject Materi Pengukuran Satuan Berat en_US
dc.title PENGARUH PENGGUNAAN METODE DRILL BERBANTUAN NYANYIAN TERHADAP PRESTASI BELAJAR PESERTA DIDIK MATERI PENGUKURAN SATUAN BERAT KELAS III SDN 9 SUNGAI KAKAP KABUPATEN KUBU RAYA TAHUN PELAJARAN 2022/2023 en_US
dc.type Skripsi en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search


Advanced Search

Browse

My Account