Abstract:
Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis penerapan strategi picture and
picture berbantuan media big book pada pembelajaran tematik tema 3 subtema 2
kelas V di SD Negeri 36 Pontianak Selatan. Analisis dilakukan pada 1) pelaksanaan
strategi picture and picture berbantuan media big book; 2) hambatan-hambatan
penerapan strategi picture and picture berbantuan media big book; 3) keberhasilan
penerapan strategi picture and picture berbantuan media big book.
Penelitian menggunakan metode penelitian kualitatif deskriptif. Tempat penelitian
dilakukan di SD Negeri 36 Pontianak Selatan. Sumber data yang digunakan adalah
data primer dan data sekunder. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah
wawancara, angket, dan dokumentasi. Alat pengumpulan data yang digunakan
adalah lembar wawancara, lembar angket, dan dokumentasi. Teknik analisis data
yang digunakan adalah 1) Reduksi data; 2) Penyajian data; 3) Penyimpulan dan
verifikasi. Pengecekan keabsahan data menggunakan member check dan triangulasi.
Hasil penelitian menunjukkan 1) Pelaksanaan Strategi Picture and Picture
berbantuan media Big Book di SD Negeri 36 Pontianak Selatan sudah sesuai dan
masuk kategori baik; 2) Tidak ada hambatan berarti selama penerapan Strategi
Picture and Picture berbantuan media Big Book di SD Negeri 36 Pontianak Selatan;
3) Penerapan strategi pembelajaran Picture and Picture berbantuan media Big Book
di SD Negeri 36 Pontianak Selatan berhasil meningkatkan fokus, semangat, dan
nilai peserta didik kelas V khususnya pada pembelajaran tematik tema 3 subtema
2, pembelajaran 4.