Abstract:
Tujuan Penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan: 1) Bagaimanakah
persiapan pemanfaatan media dalam pembelajaran bahasa Indonesia kelas V di
MIN 3 Kota Pontianak; 2) Bagaimanakah pelaksanaan pemanfaatan media dalam
pembelajaran bahasa Indonesia kelas V di MIN 3 Kota Pontianak; 3)
Bagaimanakah evaluasi pemanfaatan media dalam pembelajaran bahasa
Indonesia kelas V di MIN 3 Kota Pontianak.
Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif bersifat deksriptif.
Untuk memperoleh data yang berhubungan dengan fokus penelitian, Lokasi
penelitian ini bertempat di MIN 3 Kota Pontianak dengan sumber datanya adalah
guru kelas V. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi, dan
dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah reduksi data, penyajian
data, dan penarikan kesimpulan.
Berdasarkan data dan hasil analisis, dapat disimpulkan sebagai berikut: 1)
Persiapan pemanfaatan media pembelajaran yaitu dengan mempertimbangkan
aspek-aspek tujuan pembelajaran, karakteristik materi, ketersediaan media,
kondisi peserta didik, biaya, strategi pembelajaran, waktu yang tersedia, bentuk
evaluasi yang hendak diterapkan, dan kemampuan guru dalam mengoperasikan
media pembelajaran.; 2) Pelaksanaan pemanfaatan media pembelajaran dengan
langkah-langkah: a) Papan Tulis: untuk menulis materi, menjelaskan materi dan
sebagai media kerja peserta didik, b) Media cetak (buku): menunjukkan materi
pada halaman yang akan dipelajari, peserta didik membuka buku dan membaca
atau mempelajari materi yang telah ditentukan, c) Gambar: mempersiapkan
gambar sesuai dengan materi pelajaran dan menempelkannya di papan tulis,
mempersiapkan penggaris atau yang sejenisnya yang dapat digunakan sebagai
penunjuk pada saat menjelaskan materi, d) Microphone: menghidupkan
bluetooth, sambungkan dan mencari perangkat, proses penyanding dan masukan
kode untuk menghubungkan perangkat, e) LCD Proyektor: menghidupkan
laptop, menghubungkan dengan proyektor, menayangkan materi pelajaran, dan
menjelaskan materi pelajaran; 3) Evaluasi pemanfaatan media pembelajaran
dalam bentuk evaluasi proses dan indikator bahwa pemanfaatan media
pembelajaran disebut berhasil apabila: a) dapat menarik perhatian peserta didik,
b) dapat mengatasi sikap peserta didik yang pasif dalam proses pembelajaran, c)
dapat menjadikan proses belajar lebih interaktif, d) dapat memudahkan guru
dalam melakukan proses pembelajaran, dan e) dapat meningkatkan hasil belajar.