Abstract:
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengungkapkan: (1) Hasil belajar peserta
didik sebelum menggunakan model time token berbantu Picture Puzzle pada
pembelajaran IPS pada peserta didik Kelas V 07 Pontianak Timur Tahun
Pelajaran 2022/2023; (2) Penerapan model Time Token berbantu Picture Puzzle
dalam meningkatkan hasil belajar peserta didik pada Mata Pelajaran IPS di SDN
07 Pontianak Timur Tahun Pelajaran 2022/2023; 3) Hasil belajar peserta didik
sesudah menggunakan model Time Token berbantu Picture Puzzle pada
pembelajaran IPS pada peserta didik Kelas V SDN 07 Pontianak Timur Tahun
Pelajaran 2022/2023; 4) Besar pengaruh penerapan model pembelajaran Time
Token berbantu Picture Puzzle pada Mata Pelajaran IPS terhadap hasil belajar
peserta didik kelas V SDN 07 Pontianak timur Tahun Pelajaran 2022/2023.
Untuk mencapai tujuan tersebut, penelitian ini menggunakan metode
penelitian quasi eksperimen dengan desain pretest-posttest control grup design.
Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V SD Negeri 07
Pontianak Timur yang terdiri dari kelas A dan Kelas B, kemudian dipilih dua
kelas secara acak sebagai sampel. Satu kelas sebagai kelas eksperimen diterapkan
dengan menggunakan media picture puzzle dan satu kelas lainnya sebagai kelas
control diterapkan dengan menggunakan metode ekspositori. Alat pengumpulan
data berupa soal tes untuk menguji perbedaan hasil belajar antara kelas
eksperimen dan kelas kontrol digunakan uji non parametrik, sedangkan untuk
mengetahui seberapa besar pengaruh menggunakan Effect Size.
Berdasarkan analisis data maka dapat disimpulkan: (1) Terdapat perbedaan
hasil belajar dalam pembelajaran IPS Siswa Kelas V SD Negeri 07 Pontianak
Timur. Siswa yang diajarkan dengan menggunakan media picture puzzle materi
tema 9 subtema 4 pada kelas V B (eksperimen) mempunyai nilai rata-rata pretest
59,32 dan siswa yang diajarkan dengan menggunakan metode eskpositori nilai
rata-rata pretest 52,5 kelas V A (Kontrol). Kedua, Terdapat pengaruh yang
tergolong rendah dalam penggunaan media picture puzzle terhadap hasil belajar
IPS materi tema 9 subtema 4 siswa kelas V Sekolah Dasar Negeri 07 Pontianak
Timur Tahun Pelajaran 2022/2023.