PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TIME TOKEN BERBANTUAN PICTURE PUZZLE TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN ILMU PENGETAHUAN SOSIAL (IPS) DI KELAS V SDN 07 PONTIANAK TIMUR

Show simple item record

dc.contributor.advisor Hasmy, Ali
dc.contributor.advisor Zaini, Akhmad
dc.contributor.author Aulia, Tuti
dc.date.accessioned 2023-10-30T03:43:04Z
dc.date.available 2023-10-30T03:43:04Z
dc.date.issued 2023-07
dc.identifier.uri https://digilib.iainptk.ac.id/xmlui/handle/123456789/4190
dc.description.abstract Tujuan penelitian ini adalah untuk mengungkapkan: (1) Hasil belajar peserta didik sebelum menggunakan model time token berbantu Picture Puzzle pada pembelajaran IPS pada peserta didik Kelas V 07 Pontianak Timur Tahun Pelajaran 2022/2023; (2) Penerapan model Time Token berbantu Picture Puzzle dalam meningkatkan hasil belajar peserta didik pada Mata Pelajaran IPS di SDN 07 Pontianak Timur Tahun Pelajaran 2022/2023; 3) Hasil belajar peserta didik sesudah menggunakan model Time Token berbantu Picture Puzzle pada pembelajaran IPS pada peserta didik Kelas V SDN 07 Pontianak Timur Tahun Pelajaran 2022/2023; 4) Besar pengaruh penerapan model pembelajaran Time Token berbantu Picture Puzzle pada Mata Pelajaran IPS terhadap hasil belajar peserta didik kelas V SDN 07 Pontianak timur Tahun Pelajaran 2022/2023. Untuk mencapai tujuan tersebut, penelitian ini menggunakan metode penelitian quasi eksperimen dengan desain pretest-posttest control grup design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V SD Negeri 07 Pontianak Timur yang terdiri dari kelas A dan Kelas B, kemudian dipilih dua kelas secara acak sebagai sampel. Satu kelas sebagai kelas eksperimen diterapkan dengan menggunakan media picture puzzle dan satu kelas lainnya sebagai kelas control diterapkan dengan menggunakan metode ekspositori. Alat pengumpulan data berupa soal tes untuk menguji perbedaan hasil belajar antara kelas eksperimen dan kelas kontrol digunakan uji non parametrik, sedangkan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh menggunakan Effect Size. Berdasarkan analisis data maka dapat disimpulkan: (1) Terdapat perbedaan hasil belajar dalam pembelajaran IPS Siswa Kelas V SD Negeri 07 Pontianak Timur. Siswa yang diajarkan dengan menggunakan media picture puzzle materi tema 9 subtema 4 pada kelas V B (eksperimen) mempunyai nilai rata-rata pretest 59,32 dan siswa yang diajarkan dengan menggunakan metode eskpositori nilai rata-rata pretest 52,5 kelas V A (Kontrol). Kedua, Terdapat pengaruh yang tergolong rendah dalam penggunaan media picture puzzle terhadap hasil belajar IPS materi tema 9 subtema 4 siswa kelas V Sekolah Dasar Negeri 07 Pontianak Timur Tahun Pelajaran 2022/2023. en_US
dc.language.iso id en_US
dc.publisher IAIN Pontianak en_US
dc.subject Time Token en_US
dc.subject Picture Puzzle en_US
dc.subject Hasil Belajar en_US
dc.title PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TIME TOKEN BERBANTUAN PICTURE PUZZLE TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN ILMU PENGETAHUAN SOSIAL (IPS) DI KELAS V SDN 07 PONTIANAK TIMUR en_US
dc.type Skripsi en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search


Advanced Search

Browse

My Account