Abstract:
Tujuan penelitian ini ialah untuk mengetahui disiplin belajar siswa kelas
IV SD Negeri 02 Tanjung Pinang Kecamatan Kembayan, Sanggau. Adapun
penelitian ini dilatarbelakangi oleh adanya pelanggaran beberapa siswa yang
dilakukan oleh siswa itu sendiri dalam mengikuiti kegiatan belajar mengajar
di sekolah.
Penelitian ini merupakan penelitian yang menggunakan pendekatan
kualitatif dengan desain penelitian studi kasus. Sumber data penelitian yaitu
siswa kelas IV SD Negeri 02 Tanjung Pinang Kembayan. Metode yang
digunakan dalam mengumpulkan data penelitian ini yaitu metode observasi,
wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan ialah
reduksi data, display data, dan penarikan kesimpulan. Adapun Teknik uji
keabsahan data yang digunakan yaitu metode triangulasi untuk menguji
keabsahan data.
Berdasarkan hasil pnelitian di temukan bahwa terdapat beberapa siswa
yang melakukan beberapa pelanggaran disiplin belajar siswa khususnya di
kelas IV SDN 02 Tanjung Pinang, salah satunya siswa tidak memperhatikan
penjelasan guru, membuat kegaduhan di dalam kelas, mengobrol saat
kegiatan pembelajaran berlangsung, menganggu teman sebangku, bahkan
keluar masuk kelas tanpa izin guru pada saat pembelajaran berlangsung.
Factor yang menyebabkan siswa menjadi tidak disiplin dalam belajar yaitu
siswa terus-meneurs mengulangi kesalahan yang sama. Adapun upaya yang
dilakukan oleh guru untuk mendisiplinkannsiswa di kelas maupun sekolah
yaitu: 1) memberi teladan kepada siswa, 2) melaksanakan peraturan kelas
bagi siswa, 3) memberi nasihat dan peringatan kepada siswa yang melanggar,
4) memberikan hukuman atau sanksi kepada siswa yang melanggar meskipun
sudah diberi peringatan. Kendala yang sering muncul dalam pelaksanaan
disiplin belajar siswa yakni siswa terus-terusan melakukan kesalahan yang
sama.