Abstract:
Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis: Pertama, prestasi belajar
peserta didik kelas kontrol pada pembelajaran tematik tema II bermain di
lingkunganku. Kedua, langkah-langkah penerapan alat peraga papan perkalian
berbasis metode Montessori terhadap prestasi belajar peserta didik pada
pembelajaran tematik tema II bermain di lingkunganku. Ketiga, prestasi belajar
peserta didik kelas eksperimen pada pembelajaran tematik tema II bermain di
lingkunganku. Keempat, pengaruh prestasi belajar peserta didik antara kelas kontrol
dan kelas eksperimen pada pembelajaran tematik tema II bermain di lingkunganku
kelas II di SD Negeri 6 Sungai Kakap tahun ajaran 2022/2023.
Jenis Penelitian ini adalah kuantitatif, metode penelitian yang digunakan
adalah metode quasi experimental. Design yang digunakan yaitu Nonequivalent
Control Group Design. Penelitian ini dilakukan pada tahun ajaran 2022/2023.
Lokasi penelitian ini bertempat di SD Negeri 6 Sungai Kakap dengan populasi
penelitian yaitu 78 peserta didik. Alat pengumpulan data yang digunakan adalah tes
essay, lembar observasi, dan pedoman dokumentasi. Teknik analisis data yang
digunakan adalah analisis instrumen, analisis deskriptif, analisis pengaruh
menggunakan analisis regresi linier sederhana.
Berdasarkan analisis data dalam penelitian ini, maka dapat disimpulkan:
Pertama, prestasi belajar matematika materi pekalian pada siswa kelas II di SD
Negeri 6 Sungai Kakap di kelas kontrol yaitu nilai rata-rata pretest 70,17% dan nilai
rata-rata posttest yaitu 80,64% dan terjadi peningkatan dari pretest ke posttest
sebesar 10,47%. Kedua, penggunaan alat peraga papan perkalian berbasis metode
Montessori pada materi perkalian peserta didik kelas II di SD Negeri 6 Sungai
Kakap telah terlaksana sebesar 100%. Ketiga, prestasi belajar matematika materi
pekalian pada siswa kelas II di SD Negeri 6 Sungai Kakap di kelas eksperimen yaitu
nilai rata-rata pretest 59,94% dan nilai rata-rata posttest yaitu 77,61% dan terjadi
peningkatan dari pretest ke posttest sebesar 17,67%. Keempat, terdapat pengaruh
yang signifikan dalam penggunaan alat peraga papan perkalian berbasis metode
montessori pada materi perkalian pada peserta didik kelas II di SD Negeri 6 Sungai
Kakap, hal ini dibuktikan dari hasil Uji F Simultan yang ditampilkan
memperlihatkan tingkat signifikan 0,000 < 0,05 dan nilai F 32,747 > 4,105.