PENGARUH PENGGUNAAN ALAT PERAGA PAPAN PERKALIAN BERBASIS METODE MONTESSORI TERHADAP PRESTASI BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA DI SD NEGERI 6 SUNGAI KAKAP

Show simple item record

dc.contributor.advisor Kartini, Kartini
dc.contributor.advisor Septianawati, Desty
dc.contributor.author Roshanti, Roshanti
dc.date.accessioned 2023-10-30T02:56:11Z
dc.date.available 2023-10-30T02:56:11Z
dc.date.issued 2023-07
dc.identifier.uri https://digilib.iainptk.ac.id/xmlui/handle/123456789/4186
dc.description.abstract Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis: Pertama, prestasi belajar peserta didik kelas kontrol pada pembelajaran tematik tema II bermain di lingkunganku. Kedua, langkah-langkah penerapan alat peraga papan perkalian berbasis metode Montessori terhadap prestasi belajar peserta didik pada pembelajaran tematik tema II bermain di lingkunganku. Ketiga, prestasi belajar peserta didik kelas eksperimen pada pembelajaran tematik tema II bermain di lingkunganku. Keempat, pengaruh prestasi belajar peserta didik antara kelas kontrol dan kelas eksperimen pada pembelajaran tematik tema II bermain di lingkunganku kelas II di SD Negeri 6 Sungai Kakap tahun ajaran 2022/2023. Jenis Penelitian ini adalah kuantitatif, metode penelitian yang digunakan adalah metode quasi experimental. Design yang digunakan yaitu Nonequivalent Control Group Design. Penelitian ini dilakukan pada tahun ajaran 2022/2023. Lokasi penelitian ini bertempat di SD Negeri 6 Sungai Kakap dengan populasi penelitian yaitu 78 peserta didik. Alat pengumpulan data yang digunakan adalah tes essay, lembar observasi, dan pedoman dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis instrumen, analisis deskriptif, analisis pengaruh menggunakan analisis regresi linier sederhana. Berdasarkan analisis data dalam penelitian ini, maka dapat disimpulkan: Pertama, prestasi belajar matematika materi pekalian pada siswa kelas II di SD Negeri 6 Sungai Kakap di kelas kontrol yaitu nilai rata-rata pretest 70,17% dan nilai rata-rata posttest yaitu 80,64% dan terjadi peningkatan dari pretest ke posttest sebesar 10,47%. Kedua, penggunaan alat peraga papan perkalian berbasis metode Montessori pada materi perkalian peserta didik kelas II di SD Negeri 6 Sungai Kakap telah terlaksana sebesar 100%. Ketiga, prestasi belajar matematika materi pekalian pada siswa kelas II di SD Negeri 6 Sungai Kakap di kelas eksperimen yaitu nilai rata-rata pretest 59,94% dan nilai rata-rata posttest yaitu 77,61% dan terjadi peningkatan dari pretest ke posttest sebesar 17,67%. Keempat, terdapat pengaruh yang signifikan dalam penggunaan alat peraga papan perkalian berbasis metode montessori pada materi perkalian pada peserta didik kelas II di SD Negeri 6 Sungai Kakap, hal ini dibuktikan dari hasil Uji F Simultan yang ditampilkan memperlihatkan tingkat signifikan 0,000 < 0,05 dan nilai F 32,747 > 4,105. en_US
dc.language.iso id en_US
dc.publisher IAIN Pontianak en_US
dc.subject Alat Peraga en_US
dc.subject Montessori en_US
dc.subject Prestasi Belajar en_US
dc.title PENGARUH PENGGUNAAN ALAT PERAGA PAPAN PERKALIAN BERBASIS METODE MONTESSORI TERHADAP PRESTASI BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA DI SD NEGERI 6 SUNGAI KAKAP en_US
dc.type Skripsi en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search


Advanced Search

Browse

My Account