Abstract:
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar peserta didik dan
guru masih menggunakan metode pembelajaran ceramah dan tanya jawab pada
pembelajaran IPA kelas 4 SDN 12 Pontiank Timur. Tujuan penelitian ini adalah
untuk menganalisis hasil belajar peserta didik awal, hasil belajar peserta didik akhir,
pengaruh strategi guide note taking dibantu media video animasi motion graphic dan
seberapa besar pengaruh hasil belajar peserta didik dengan menggunakan strategi
guide note taking dibantu media video animasi motion graphic.
Metode yang digunakan kuantitatif eksperimen dengan rancangan
“nonrandomized control group pretest-posstest design”. Adapun populasi dalam
penelitian ini adalah seluruh kelas 4 Sekolah Dasar Negeri 12 Pontianak Timur.
Sampel dalam penelitian ini adalah kelas 4A berjumlah 29 peserta didik sebagai
kelas kontrol dan kelas 4B berjumlah 29 sebagai kelas Eksperimen. Teknik dan alat
pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini untuk mengumpulkan data
adalah teknik observasi, teknik pengukuran dan teknik dokumentasi. Alat
pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah lembar observasi,
lembar tes dan dokumentasi. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif
eksperimen.
Hasil rata-rata hasil belajar dari pre test yang dilakukan peserta didik kelas
kontrol adalah sebesar 67,976. Rata-rata hasil belajar dari pre test yang dilakukan
peserta didik kelas eksperimen adalah sebesar 75,35. Hasil belajar dari post test yang
dilakukan peserta didik kelas kontrol adalah sebesar 76,68, Rata-rata hasil belajar
dari post pest yang dilakukan peserta didik kelas eksperimen adalah sebesar 89,59.
Berdasarkan hasil uji hipotesis atau uji-t pada skor pre test dan post test kelas
eksperimen yang telah dihitung menggunakan SPSS versi 16 bahwa didapatkan nilai
(sig) sebesar 0,004 < dari 0,05. Menunjukkan terdapat perbedaan rata-rata antar
sampel penelitian, sehingga Ho ditolak dan Ha diterima.
Berdasarkan hasil olahan effect size, diketahui nilai cohen`s d effect size 0,60.
Maka sesuai dengan kriteria cohen`s d effect size 0,60 ≤ ES < 0,80 termasuk ke
dalam kriteria sedang. Sehingga dapat disimpulkan bahwa besar pengaruh strategi
guide note taking dibantu media video animasi motion graphic terhadap hasil belajar
peserta didik yaitu 0,60 dengan kategori sedang.