PENGARUH PENGGUNAAN STRATEGI GUIDE NOTE TAKING DIBANTU MEDIA VIDEO ANIMASI MOTION GRAPHIC TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK MATERI ENERGI DAN PERUBAHANNYA KELAS 4 SDN 12 PONTIANAK TIMUR TAHUN AJARAN 2022/2023

Show simple item record

dc.contributor.advisor Wahab, Wahab
dc.contributor.advisor Setyaningrum, Vidya
dc.contributor.author Ajie, Rizky Julianto
dc.date.accessioned 2023-10-30T02:47:23Z
dc.date.available 2023-10-30T02:47:23Z
dc.date.issued 2023-07
dc.identifier.uri https://digilib.iainptk.ac.id/xmlui/handle/123456789/4185
dc.description.abstract Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar peserta didik dan guru masih menggunakan metode pembelajaran ceramah dan tanya jawab pada pembelajaran IPA kelas 4 SDN 12 Pontiank Timur. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis hasil belajar peserta didik awal, hasil belajar peserta didik akhir, pengaruh strategi guide note taking dibantu media video animasi motion graphic dan seberapa besar pengaruh hasil belajar peserta didik dengan menggunakan strategi guide note taking dibantu media video animasi motion graphic. Metode yang digunakan kuantitatif eksperimen dengan rancangan “nonrandomized control group pretest-posstest design”. Adapun populasi dalam penelitian ini adalah seluruh kelas 4 Sekolah Dasar Negeri 12 Pontianak Timur. Sampel dalam penelitian ini adalah kelas 4A berjumlah 29 peserta didik sebagai kelas kontrol dan kelas 4B berjumlah 29 sebagai kelas Eksperimen. Teknik dan alat pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini untuk mengumpulkan data adalah teknik observasi, teknik pengukuran dan teknik dokumentasi. Alat pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah lembar observasi, lembar tes dan dokumentasi. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif eksperimen. Hasil rata-rata hasil belajar dari pre test yang dilakukan peserta didik kelas kontrol adalah sebesar 67,976. Rata-rata hasil belajar dari pre test yang dilakukan peserta didik kelas eksperimen adalah sebesar 75,35. Hasil belajar dari post test yang dilakukan peserta didik kelas kontrol adalah sebesar 76,68, Rata-rata hasil belajar dari post pest yang dilakukan peserta didik kelas eksperimen adalah sebesar 89,59. Berdasarkan hasil uji hipotesis atau uji-t pada skor pre test dan post test kelas eksperimen yang telah dihitung menggunakan SPSS versi 16 bahwa didapatkan nilai (sig) sebesar 0,004 < dari 0,05. Menunjukkan terdapat perbedaan rata-rata antar sampel penelitian, sehingga Ho ditolak dan Ha diterima. Berdasarkan hasil olahan effect size, diketahui nilai cohen`s d effect size 0,60. Maka sesuai dengan kriteria cohen`s d effect size 0,60 ≤ ES < 0,80 termasuk ke dalam kriteria sedang. Sehingga dapat disimpulkan bahwa besar pengaruh strategi guide note taking dibantu media video animasi motion graphic terhadap hasil belajar peserta didik yaitu 0,60 dengan kategori sedang. en_US
dc.language.iso id en_US
dc.publisher IAIN Pontianak en_US
dc.subject Guide Note Taking Dibantu Motion Graphic en_US
dc.subject Hasil Belajar en_US
dc.title PENGARUH PENGGUNAAN STRATEGI GUIDE NOTE TAKING DIBANTU MEDIA VIDEO ANIMASI MOTION GRAPHIC TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK MATERI ENERGI DAN PERUBAHANNYA KELAS 4 SDN 12 PONTIANAK TIMUR TAHUN AJARAN 2022/2023 en_US
dc.type Skripsi en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search


Advanced Search

Browse

My Account