Abstract:
Penelitian ini bertujuan untuk memaparkan 1) Penggunaaan model make a
match dibantu dengan media papan pecahan kelas II SDN 14 Pontianak Kota. 2) Hasil
belajat materi pecahan sederhana peserta didik dalam materi pecahan sederhana
dikelas II . 3) Pengaruh penggunaan model make a match terhadap hasil belajar peserta
didik kelas II. 4) Seberapa besar pengaruh penggunaan model make a match dibantu
dengan media papan pecahan terhadap hasil belajar pecahan sederhana pada peserta
didik.
Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan desain pre-eksperiment
dengan teknik penelitian post-test only control group desain. Populasi dalam
penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas II, sampel yang digunakan dalam
penelitian ini adalah peserta didik kelas II A dan II B, teknik sampel yang digunakan
adalah sampling jenuh. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik
observasi, tes dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji
validitas, uji reliabilitas, uji daya pembeda, uji normalitas, uji homogenitas, uji
hipotesi, uji Effect Size.
Berdasarkan analisis data dapat disimpulkan: 1). Hasil pengamatan dalam
proses pembelajaran berlangsung yang dilakukan peneliti diperoleh bahwa 100%
peneliti sudah melaksanakan langkah-langkah dari model make a match dibantu
dengan media papan pecahan. 2) Hasil belajar malteri pecalhaln pesertal didik di kelals II
terjaldi peningkaltaln dengaln nilali preetest rata-rata sebesar 62 belum mencapai KKM,
sedangkan nilai posttest rata-rata sebesar 91 dan dinyatakan bahwa semua siswa
mencapai kategori tuntas yang berarti sudah mencapal Kriteria Ketuntasan Minimal
(KKM) yalitu 70. 3) Berdasarkan hasil uji menggunakan SPSS.24 diperoleh nilai 0,00
< 0,05 maka data dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh. 4) Pengaruh
penggunaan model make a match dibantu dengan media papan pecahan terhadap hasil
belajar pesertal didik kelals II SDN Pontianak Kota berdasarkan perhitungan Effect Size,
diperoleh nilai 1 dan termasuk dalam kategori besar.