PENGARUH PENGGUNAAN MODEL MAKE A MATCH DIBANTU DENGAN MEDIA PAPAN PECAHAN TERHADAP HASIL BELAJAR MATERI PECAHAN SEDERHANA PADA PESERTA DIDIK KELAS II SDN 14 PONTIANAK KOTA TAHUN PELAJARAN 2022/2023

Show simple item record

dc.contributor.advisor Ma’ruf, Ma’ruf
dc.contributor.advisor Setyaningrum, Saumi
dc.contributor.author Supatri, Rizka
dc.date.accessioned 2023-10-30T02:35:16Z
dc.date.available 2023-10-30T02:35:16Z
dc.date.issued 2023-07
dc.identifier.uri https://digilib.iainptk.ac.id/xmlui/handle/123456789/4184
dc.description.abstract Penelitian ini bertujuan untuk memaparkan 1) Penggunaaan model make a match dibantu dengan media papan pecahan kelas II SDN 14 Pontianak Kota. 2) Hasil belajat materi pecahan sederhana peserta didik dalam materi pecahan sederhana dikelas II . 3) Pengaruh penggunaan model make a match terhadap hasil belajar peserta didik kelas II. 4) Seberapa besar pengaruh penggunaan model make a match dibantu dengan media papan pecahan terhadap hasil belajar pecahan sederhana pada peserta didik. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan desain pre-eksperiment dengan teknik penelitian post-test only control group desain. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas II, sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas II A dan II B, teknik sampel yang digunakan adalah sampling jenuh. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik observasi, tes dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji validitas, uji reliabilitas, uji daya pembeda, uji normalitas, uji homogenitas, uji hipotesi, uji Effect Size. Berdasarkan analisis data dapat disimpulkan: 1). Hasil pengamatan dalam proses pembelajaran berlangsung yang dilakukan peneliti diperoleh bahwa 100% peneliti sudah melaksanakan langkah-langkah dari model make a match dibantu dengan media papan pecahan. 2) Hasil belajar malteri pecalhaln pesertal didik di kelals II terjaldi peningkaltaln dengaln nilali preetest rata-rata sebesar 62 belum mencapai KKM, sedangkan nilai posttest rata-rata sebesar 91 dan dinyatakan bahwa semua siswa mencapai kategori tuntas yang berarti sudah mencapal Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) yalitu 70. 3) Berdasarkan hasil uji menggunakan SPSS.24 diperoleh nilai 0,00 < 0,05 maka data dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh. 4) Pengaruh penggunaan model make a match dibantu dengan media papan pecahan terhadap hasil belajar pesertal didik kelals II SDN Pontianak Kota berdasarkan perhitungan Effect Size, diperoleh nilai 1 dan termasuk dalam kategori besar. en_US
dc.language.iso id en_US
dc.publisher IAIN Pontianak en_US
dc.subject Model Make a Match en_US
dc.subject Media Papan Pecahan en_US
dc.subject Hasil Belajar en_US
dc.title PENGARUH PENGGUNAAN MODEL MAKE A MATCH DIBANTU DENGAN MEDIA PAPAN PECAHAN TERHADAP HASIL BELAJAR MATERI PECAHAN SEDERHANA PADA PESERTA DIDIK KELAS II SDN 14 PONTIANAK KOTA TAHUN PELAJARAN 2022/2023 en_US
dc.type Skripsi en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search


Advanced Search

Browse

My Account