Abstract:
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan 1) Prestasi belajar pada
peserta didik di kelas kontrol. 2) Langkah-langkah penerapan model pembelajaran
two stay two stray dibantu dengan media flip chart. 3) Prestasi belajar pada peserta
didik kelas eksperimen 4) Pengaruh penerapan model pembelajaran two stay two
stray dibantu dengan media flip chart terhadap prestasi belajar materi sumber energi
pada peserta didik.
Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan desain penelitian
eksperimen Quasi Eksperimental dengan menggunakan bentuk Nonequivalent
control group desain. Sumber data dalam penelitian ini: Guru dan peserta didik.
Populasi dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas IV, sampel dalam penelitian
ini adalah peserta didik kelas IVB dan IVD. Teknik sampling yang digunakan:
Purposive sampling. Teknik pengumpulan data: Observasi, pengukuran dan
dokumentasi. Alat pengumpulan data: Lembar observasi, soal pilihan ganda dan
pedoman dokumentasi. Teknik analisis data: Uji validitas, uji reliabilitas, uji
normalitas, uji hipotesis, dan N-Gain.
Berdasarkan analisis data dapat disimpulkan: 1) Prestasi belajar peserta didik kelas
kontrol dengan nilai rata-rata 76,83. Peserta didik yang belum mencapai KKM (75)
berjumlah 5 orang atau 16% sedangkan peserta didik mencapai KKM (75)
berjumlah 26 orang atau 84%. 2) langkah-langkah penerapan model two stay two
stray dibantu dengan media flip chart terdiri dari 24 aspek indikator 100%
terlaksana 3) Prestasi belajar kelas eksperimen terjadi peningkatan dengan nilai
rata-rata sebesar 84,64. Peserta didik yang belum mencapai KKM (75) sebanyak 3
orang atau 10% sedangkan peserta didik yang sudah mencapai KKM (75)
berjumlah 28 orang atau 90% 4) pengaruh penerapan model pembelajaran two stay
two stray dibantu dengan media flip chart, menggunakan uji Mann Whitney sebesar
0,000 < 0,05, yang berarti nilai residual berdistribusi ada perbedaan dibanding
dengan sebelum diterapkan model pembelajaran two stay two stray dibantu dengan
media flip chart. besar pengaruh penerapan model pembelajaran two stay two stray
dibantu dengan media flip chart, berdasarkan perhitungan N-gain, diperoleh skor
0,71 dan termasuk dalam kategori sedang.