PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN TWO STAY TWO STRAY DIBANTU DENGAN MEDIA FLIP CHART TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATERI SUMBER ENERGI DARI PESERTA DIDIK KELAS IVB SDN 03 PONTIANAK SELATAN TAHUN AJARAN 2022 / 2023

Show simple item record

dc.contributor.advisor Erwin, Erwin
dc.contributor.advisor Setyaningrum, Saumi
dc.contributor.author Oktapia, Ratika
dc.date.accessioned 2023-10-30T02:20:27Z
dc.date.available 2023-10-30T02:20:27Z
dc.date.issued 2023-07
dc.identifier.uri https://digilib.iainptk.ac.id/xmlui/handle/123456789/4183
dc.description.abstract Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan 1) Prestasi belajar pada peserta didik di kelas kontrol. 2) Langkah-langkah penerapan model pembelajaran two stay two stray dibantu dengan media flip chart. 3) Prestasi belajar pada peserta didik kelas eksperimen 4) Pengaruh penerapan model pembelajaran two stay two stray dibantu dengan media flip chart terhadap prestasi belajar materi sumber energi pada peserta didik. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan desain penelitian eksperimen Quasi Eksperimental dengan menggunakan bentuk Nonequivalent control group desain. Sumber data dalam penelitian ini: Guru dan peserta didik. Populasi dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas IV, sampel dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas IVB dan IVD. Teknik sampling yang digunakan: Purposive sampling. Teknik pengumpulan data: Observasi, pengukuran dan dokumentasi. Alat pengumpulan data: Lembar observasi, soal pilihan ganda dan pedoman dokumentasi. Teknik analisis data: Uji validitas, uji reliabilitas, uji normalitas, uji hipotesis, dan N-Gain. Berdasarkan analisis data dapat disimpulkan: 1) Prestasi belajar peserta didik kelas kontrol dengan nilai rata-rata 76,83. Peserta didik yang belum mencapai KKM (75) berjumlah 5 orang atau 16% sedangkan peserta didik mencapai KKM (75) berjumlah 26 orang atau 84%. 2) langkah-langkah penerapan model two stay two stray dibantu dengan media flip chart terdiri dari 24 aspek indikator 100% terlaksana 3) Prestasi belajar kelas eksperimen terjadi peningkatan dengan nilai rata-rata sebesar 84,64. Peserta didik yang belum mencapai KKM (75) sebanyak 3 orang atau 10% sedangkan peserta didik yang sudah mencapai KKM (75) berjumlah 28 orang atau 90% 4) pengaruh penerapan model pembelajaran two stay two stray dibantu dengan media flip chart, menggunakan uji Mann Whitney sebesar 0,000 < 0,05, yang berarti nilai residual berdistribusi ada perbedaan dibanding dengan sebelum diterapkan model pembelajaran two stay two stray dibantu dengan media flip chart. besar pengaruh penerapan model pembelajaran two stay two stray dibantu dengan media flip chart, berdasarkan perhitungan N-gain, diperoleh skor 0,71 dan termasuk dalam kategori sedang. en_US
dc.language.iso id en_US
dc.publisher IAIN Pontianak en_US
dc.subject Model Two Stay Two Stray en_US
dc.subject Media Flip Chart en_US
dc.subject Prestasi Belajar en_US
dc.title PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN TWO STAY TWO STRAY DIBANTU DENGAN MEDIA FLIP CHART TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATERI SUMBER ENERGI DARI PESERTA DIDIK KELAS IVB SDN 03 PONTIANAK SELATAN TAHUN AJARAN 2022 / 2023 en_US
dc.type Skripsi en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search


Advanced Search

Browse

My Account