Abstract:
Tujuan penelitian ini adalah untuk menjelaskan: 1) motivasi belajar peserta didik
sebelum diterapkan strategi think pair share (TPS) berbantuan media spin the wheel
pada pembelajaran tematik tema 1; 2) langkah – langkah penerapan strategi think pair
share (TPS) berbantuan media spin the wheel pada pembelajaran tematik tema 1 kelas
V; 3) motivasi peserta didik sesudah diterapkan strategi think pair share (TPS)
berbantuan media spin the wheel pada pembelajaran tematik tema 1; 4) pengaruh yang
signifikan penggunaan strategi think pair share berbantuan media think pair share
terhadap motivasu belajar
Penelitian ini termasuk jenis penelitian kuantitatif. Penelitian ini menggunakan metode
pendelitian Quasi Experimental Design. Lokasi penelitian dalam penelitian ini yaitu
SDN 36 Pontianak Selatan. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik
SDN 36 Pontianak Selatan sedangkan sampel dalam penelitian ini adalah peserta didik
kelas VA dan VB SDN 36 Pontianak Selatan. Teknik pengumpulan data dalam
penelitian ini adalah pengukuran/angket, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis
data dalam penelitian ini yaitu analisis statistik instrumen, analisis statistik deskriptif,
analisis pengaruh.
Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan, maka peneliti menyimpulkan bahwa: 1)
Motivasi belajar kelas kontrol dan kelas eksperimen terbilang sama. Hal ini dibuktikan
dari perolehan dikelas kontrol mempunyai 62,5 % atau 20 peserta didik kurang
termotivasi, 34,5% atau 11 peserta didik cukup termotivasi, dan 1% atau 1 peserta
didik yang termotivasi. Sedangkan dikelas eksperimen dapat diketahui dikelas kontrol
13,8 % atau 4 peserta didik yang kurang termotivasi, 27,5% atau 12 peserta didik
cukup termotivasi dan 44,7% atau 14 peserta didik yang termotivasi; 2) langkah –
langkah strategi think pair share berbantuan media spin the wheel pada pembelajaran
tematik tema 1 terlaksana dengan baik; 3) motivasi belajar peserta didik setelah
diterapkan strategi think pair share berbantuan media spin the wheel dapat diketahui
dikelas eksperimen 13,8 % atau terdapat 4 peserta didik yang termotivasi, dan 86,3%
atau 25 peserta didik sangat termotivasi; 4) terdapat pengaruh yang signifikan strategi
think pair share berbantuan media spin the wheel terhadap motivasi belajar peserta
didik dapat dilihat dengan cara membandingkan Thitung dan Ttabel. Dari tabel
koefisien diatas diperoleh Thitung = 52.181 sementara itu Ttabel = 2.052. maka
menghasilkan nilai Thitung > Ttabel ( 52.181 > 2.052 )