PENGARUH STRATEGI THINK PAIR SHARE ( TPS ) BERBANTUAN MEDIA SPIN THE WHEEL TERHADAP MOTIVASI BELAJAR PADA PEMBELAJARAN TEMATIK TEMA 1 KELAS V

Show simple item record

dc.contributor.advisor Yusdiana, Yusdiana
dc.contributor.advisor Habaridota, Maha Lastasa Buju Basafpipana
dc.contributor.author Nurhayana, Nurhayana
dc.date.accessioned 2023-10-30T02:10:22Z
dc.date.available 2023-10-30T02:10:22Z
dc.date.issued 2023-08
dc.identifier.uri https://digilib.iainptk.ac.id/xmlui/handle/123456789/4182
dc.description.abstract Tujuan penelitian ini adalah untuk menjelaskan: 1) motivasi belajar peserta didik sebelum diterapkan strategi think pair share (TPS) berbantuan media spin the wheel pada pembelajaran tematik tema 1; 2) langkah – langkah penerapan strategi think pair share (TPS) berbantuan media spin the wheel pada pembelajaran tematik tema 1 kelas V; 3) motivasi peserta didik sesudah diterapkan strategi think pair share (TPS) berbantuan media spin the wheel pada pembelajaran tematik tema 1; 4) pengaruh yang signifikan penggunaan strategi think pair share berbantuan media think pair share terhadap motivasu belajar Penelitian ini termasuk jenis penelitian kuantitatif. Penelitian ini menggunakan metode pendelitian Quasi Experimental Design. Lokasi penelitian dalam penelitian ini yaitu SDN 36 Pontianak Selatan. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik SDN 36 Pontianak Selatan sedangkan sampel dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas VA dan VB SDN 36 Pontianak Selatan. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah pengukuran/angket, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data dalam penelitian ini yaitu analisis statistik instrumen, analisis statistik deskriptif, analisis pengaruh. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan, maka peneliti menyimpulkan bahwa: 1) Motivasi belajar kelas kontrol dan kelas eksperimen terbilang sama. Hal ini dibuktikan dari perolehan dikelas kontrol mempunyai 62,5 % atau 20 peserta didik kurang termotivasi, 34,5% atau 11 peserta didik cukup termotivasi, dan 1% atau 1 peserta didik yang termotivasi. Sedangkan dikelas eksperimen dapat diketahui dikelas kontrol 13,8 % atau 4 peserta didik yang kurang termotivasi, 27,5% atau 12 peserta didik cukup termotivasi dan 44,7% atau 14 peserta didik yang termotivasi; 2) langkah – langkah strategi think pair share berbantuan media spin the wheel pada pembelajaran tematik tema 1 terlaksana dengan baik; 3) motivasi belajar peserta didik setelah diterapkan strategi think pair share berbantuan media spin the wheel dapat diketahui dikelas eksperimen 13,8 % atau terdapat 4 peserta didik yang termotivasi, dan 86,3% atau 25 peserta didik sangat termotivasi; 4) terdapat pengaruh yang signifikan strategi think pair share berbantuan media spin the wheel terhadap motivasi belajar peserta didik dapat dilihat dengan cara membandingkan Thitung dan Ttabel. Dari tabel koefisien diatas diperoleh Thitung = 52.181 sementara itu Ttabel = 2.052. maka menghasilkan nilai Thitung > Ttabel ( 52.181 > 2.052 ) en_US
dc.language.iso id en_US
dc.publisher IAIN Pontianak en_US
dc.subject Strategi TPS en_US
dc.subject Media Spin The Wheel en_US
dc.subject Motivasi Belajar en_US
dc.title PENGARUH STRATEGI THINK PAIR SHARE ( TPS ) BERBANTUAN MEDIA SPIN THE WHEEL TERHADAP MOTIVASI BELAJAR PADA PEMBELAJARAN TEMATIK TEMA 1 KELAS V en_US
dc.type Skripsi en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search


Advanced Search

Browse

My Account