Abstract:
Rumusan masalah penelitian adalah: 1) Bagaimanakah aktivitas
belajar peserta didik sebelum menggunakan Menggunakan Model
Kooperatif Tipe STAD; 2) Bagaimanakah langkah-langkah Model
Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD; 3) Bagaimanakah peningkatan
aktivitas belajar peserta didik pada pembelajaran Tematik setelah
Menggunakan model Kooperatif Tipe STAD.
Tujuan Penelitian ini adalah : 1) Mendeskripsikan aktivitas
belajar peserta didik sebelum menggunakan Menggunakan Model
Kooperatif Tipe STAD; 2) Mendeskripsikan langkah-langkah Model
Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD; 3) Mendeskripsikan
peningkatan aktivitas belajar peserta didik pada pembelajaran
Tematik Setelah Menggunakan model Kooperatif Tipe STAD.
Untuk mencapai tujuan tersebut, penelitian ini menggunakan
metode penelitian tindakan kelas (PTK), dengan pendekatan
kualitatif deskriptif, dimana uraiannya bersifat deskriptif dalam
bentuk kata-kata. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh peserta
didik kelas IV SD Negeri 19 Pontianak Utara yang terdiri dari 27
peserta didik, kemudian dibentuk menjadi beberapa kelompok secara
acak. Teknik pengumpulan data berupa lembar observasi untuk
melihat perbedaan aktivitas belajar antar siklus.
Berdasarkan hasil penelitian yang diperoleh melalui penelitian
terhadap penggunaan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD
pada Peserta Didik Kelas IV SD Negeri 19 Pontianak Utara
menunjukkan adanya peningkatan aktivitas belajar peserta didik pada
setiap indikator komponen yang telah diteliti. Terlihat proses belajar
menjadi aktif dan menyenangkan, peserta didik aktif untuk
mendengarkan penjelasan guru, aktif mengajukan pertanyaan.