PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS BELAJAR TEMATIK PESERTA DIDIK KELAS IV SD NEGERI 19 PONTIANAK UTARA TAHUN PELAJARAN 2022/2023

Show simple item record

dc.contributor.advisor Yapandi, Yapandi
dc.contributor.advisor Hobaridota, Maha Lastasa Buju Basafpipana
dc.contributor.author Rahmadanti, Mutia Tri
dc.date.accessioned 2023-10-30T01:48:26Z
dc.date.available 2023-10-30T01:48:26Z
dc.date.issued 2023-07
dc.identifier.uri https://digilib.iainptk.ac.id/xmlui/handle/123456789/4180
dc.description.abstract Rumusan masalah penelitian adalah: 1) Bagaimanakah aktivitas belajar peserta didik sebelum menggunakan Menggunakan Model Kooperatif Tipe STAD; 2) Bagaimanakah langkah-langkah Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD; 3) Bagaimanakah peningkatan aktivitas belajar peserta didik pada pembelajaran Tematik setelah Menggunakan model Kooperatif Tipe STAD. Tujuan Penelitian ini adalah : 1) Mendeskripsikan aktivitas belajar peserta didik sebelum menggunakan Menggunakan Model Kooperatif Tipe STAD; 2) Mendeskripsikan langkah-langkah Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD; 3) Mendeskripsikan peningkatan aktivitas belajar peserta didik pada pembelajaran Tematik Setelah Menggunakan model Kooperatif Tipe STAD. Untuk mencapai tujuan tersebut, penelitian ini menggunakan metode penelitian tindakan kelas (PTK), dengan pendekatan kualitatif deskriptif, dimana uraiannya bersifat deskriptif dalam bentuk kata-kata. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas IV SD Negeri 19 Pontianak Utara yang terdiri dari 27 peserta didik, kemudian dibentuk menjadi beberapa kelompok secara acak. Teknik pengumpulan data berupa lembar observasi untuk melihat perbedaan aktivitas belajar antar siklus. Berdasarkan hasil penelitian yang diperoleh melalui penelitian terhadap penggunaan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD pada Peserta Didik Kelas IV SD Negeri 19 Pontianak Utara menunjukkan adanya peningkatan aktivitas belajar peserta didik pada setiap indikator komponen yang telah diteliti. Terlihat proses belajar menjadi aktif dan menyenangkan, peserta didik aktif untuk mendengarkan penjelasan guru, aktif mengajukan pertanyaan. en_US
dc.language.iso id en_US
dc.publisher IAIN Pontianak en_US
dc.subject Aktivitas Belajar en_US
dc.subject Model Pembelajaran Tipe STAD en_US
dc.title PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS BELAJAR TEMATIK PESERTA DIDIK KELAS IV SD NEGERI 19 PONTIANAK UTARA TAHUN PELAJARAN 2022/2023 en_US
dc.type Skripsi en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search


Advanced Search

Browse

My Account