Abstract:
Penelitian ini dilatar belakangi oleh hasil belajar peserta didik yang belum
memuaskan pada mata pelajaran IPA kelas IV di MIS Miftahul Ulum Sungai Raya.
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan: 1) Hasil belajar peserta didik kelas
IV di MIS Miftahul Ulum Sungai Raya dalam materi siklus makhluk hidup, 2) Hasil
belajar peserta didik kelas IV MIS Miftahul Ulum Sungai Raya dalam materi siklus
makhluk hidup setelah menggunakan media scrapbook, 3) pengaruh penerapan
media scrapbook terhadap hasil belajar peserta didik pada materi siklus makhluk
hidup kelas IV di MIS Miftahul Ulum Sungai Raya, 4) Seberapa besar pengaruh
penerapan media scrapbook terhadap hasil belajar peserta didik pada materi siklus
makhluk hidup kelas IV di MIS Miftahul Ulum Sungai Raya.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dalam bentuk PraExpremental Design dengan jenis penelitian One-Group Pretest Posttest Design.
Populasi dalam penelitian ini yaitu seluruh kelas IV terdiri dari 18 peserta didik
yang sekaligus menjadi sampel. Maka digunakan sampling jenuh. Lokasi
penelitiannya adalah di MIS Miftahul Ulum Sungai Raya dan sumber datanya
adalah peserta didik. Alat pengumpulan data yang digunakan adalah teknik Tes
(pretest-posttest), lembar observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang
digunakan yaitu uji validitas, uji normalitas, uji parametrik menggunakan paired
sample test, dan uji effect size.
Berdasarkan analisis data dalam penelitian ini, maka dapat disimpulkan:
1) Hasil belajar peserta didik kelas IV materi siklus makhluk hidup sebelum
menggunakan media scrapbook adalah dengan nilai rata-rata 51,67 dan presentase
ketuntasan yaitu 16,6 %, 2) Hasil belajar peserta didik kelas IV materi siklus
makhluk hidup setelah menggunakan media scrapbook adalah dengan nilai ratarata 66,83 dan presentase ketuntasan yaitu 55,5%, 3) Terdapat pengaruh
penggunaan media scrapbook pada materi siklus makhluk hidup kelas IV. Hal ini
dapat dilihat dari hasil uji parametrik (paired sample test) yang ditujukkan dengan
signifikansi 0,00<0,05. Dengan demikian media scrapbook berpengaruh secara
signifikan terhadap hasil belajar peserta didik kelas IV, 4) Besar pengaruh pada
pengunaan media scrapbook adalah 0,90 yang berarti penggunaan media scrapbook
terhadap hasil belajar peserta didik pada materi siklus makhluk hidup kelas IV
dengan kategori sangat tinggi.