PENGARUH PENERAPAN MEDIA SCRAPBOOK TERHADAP HASIL BELAJAR PADA MATERI SIKLUS MAKHLUK HIDUP KELAS IV DI MADRASAH IBTIDAIYAH SWASTA MIFTAHUL ULUM SUNGAI RAYA TAHUN AJARAN 2022/2023

Show simple item record

dc.contributor.advisor A, Rustam
dc.contributor.advisor Setyaningrum, Vidya
dc.contributor.author Utari, Maulidia Hidayanti
dc.date.accessioned 2023-10-30T01:37:07Z
dc.date.available 2023-10-30T01:37:07Z
dc.date.issued 2023-08
dc.identifier.uri https://digilib.iainptk.ac.id/xmlui/handle/123456789/4179
dc.description.abstract Penelitian ini dilatar belakangi oleh hasil belajar peserta didik yang belum memuaskan pada mata pelajaran IPA kelas IV di MIS Miftahul Ulum Sungai Raya. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan: 1) Hasil belajar peserta didik kelas IV di MIS Miftahul Ulum Sungai Raya dalam materi siklus makhluk hidup, 2) Hasil belajar peserta didik kelas IV MIS Miftahul Ulum Sungai Raya dalam materi siklus makhluk hidup setelah menggunakan media scrapbook, 3) pengaruh penerapan media scrapbook terhadap hasil belajar peserta didik pada materi siklus makhluk hidup kelas IV di MIS Miftahul Ulum Sungai Raya, 4) Seberapa besar pengaruh penerapan media scrapbook terhadap hasil belajar peserta didik pada materi siklus makhluk hidup kelas IV di MIS Miftahul Ulum Sungai Raya. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dalam bentuk PraExpremental Design dengan jenis penelitian One-Group Pretest Posttest Design. Populasi dalam penelitian ini yaitu seluruh kelas IV terdiri dari 18 peserta didik yang sekaligus menjadi sampel. Maka digunakan sampling jenuh. Lokasi penelitiannya adalah di MIS Miftahul Ulum Sungai Raya dan sumber datanya adalah peserta didik. Alat pengumpulan data yang digunakan adalah teknik Tes (pretest-posttest), lembar observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan yaitu uji validitas, uji normalitas, uji parametrik menggunakan paired sample test, dan uji effect size. Berdasarkan analisis data dalam penelitian ini, maka dapat disimpulkan: 1) Hasil belajar peserta didik kelas IV materi siklus makhluk hidup sebelum menggunakan media scrapbook adalah dengan nilai rata-rata 51,67 dan presentase ketuntasan yaitu 16,6 %, 2) Hasil belajar peserta didik kelas IV materi siklus makhluk hidup setelah menggunakan media scrapbook adalah dengan nilai ratarata 66,83 dan presentase ketuntasan yaitu 55,5%, 3) Terdapat pengaruh penggunaan media scrapbook pada materi siklus makhluk hidup kelas IV. Hal ini dapat dilihat dari hasil uji parametrik (paired sample test) yang ditujukkan dengan signifikansi 0,00<0,05. Dengan demikian media scrapbook berpengaruh secara signifikan terhadap hasil belajar peserta didik kelas IV, 4) Besar pengaruh pada pengunaan media scrapbook adalah 0,90 yang berarti penggunaan media scrapbook terhadap hasil belajar peserta didik pada materi siklus makhluk hidup kelas IV dengan kategori sangat tinggi. en_US
dc.language.iso id en_US
dc.publisher IAIN Pontianak en_US
dc.subject Hasil Belajar IPA en_US
dc.subject Scrapbook en_US
dc.subject Siklus Makhluk Hidup en_US
dc.title PENGARUH PENERAPAN MEDIA SCRAPBOOK TERHADAP HASIL BELAJAR PADA MATERI SIKLUS MAKHLUK HIDUP KELAS IV DI MADRASAH IBTIDAIYAH SWASTA MIFTAHUL ULUM SUNGAI RAYA TAHUN AJARAN 2022/2023 en_US
dc.type Skripsi en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search


Advanced Search

Browse

My Account