Abstract:
Tujuan penelitian ini adalah untuk: (1) Mendeskripsikan peningkatkan
kemampuan mengenal irama lagu peserta didik sebelum dierapkannya
strategi pembelajaran make a match di kelas III MI Raudatussa’adah
Pontianak Utara Tahun Ajaran 2022/2023. (2) Mendeskripsikan
penerapan strategi pembelajaran make a match untuk meningkatkan
kemampuan mengenal irama lagu peserta didik kelas III di MI
Raudatussa’adah Pontianak Utara Tahun Ajaran 2022/2023. (3)
Mendeskripsikan kemampuan mengenal irama lagu peserta didik kelas III
setelah diterapkannya strategi pembelajaran make a match di MI
Raudatussa’adah Pontianak Utara Tahun Ajaran 2022/2023. (4)
Mendeskripisikan peningkatan kemampuan mengenal irama lagu peserta
didik kelas III setelah diterapkannya strategi pembelajaran make a match di
MI Raudatussa’adah Pontianak Utara Tahun Ajaran 2022/2023.
Penelitian ini termasuk penelitian tindakan kelas. Adapun subjek
penelitian ini adalah peserta didik kelas III. Teknik yang digunakan untuk
mengumpulkan data adalah teknik tes dengan alat tes kemampuan, teknik
observasi dan teknik dokumentasi. Sedangkan untuk menganalisis datanya,
peneliti menggunakan analisis data kuntitatif
Berdasarkan analisis yang dilakukan, maka peneliti menyimpulkan
bahwa (1) Kemampuan mengenal irama lagu di MIS Raudlatussa’adah kelas
III sebelum diterapkannya strategi pembelajaran make a match dari total 29
peserta didik tersebut menunjukkan kategori rendah (2) Tahap-tahap
penerapan strategi pembelajaran make a match dilakukan oleh peneliti untuk
meningkatkan kemampuan mengenal irama lagu peserta didik dengan
menerapkan strategi pembelajaran make a match diharapkan kemampuan
mengenal irama lagu peserta didik dapat menjadi lebih baik (3) Adapun
meningkatan kemampuan mengenal irama lagu peserta didik kelas III setelah
diterapkannya strateigi pembelajaran make a match di MI Raudatussa’adah
Pontianak Utara Tahun Ajaran 2022/2023, yaitu pada pra siklus nilai rata-rata
kelas memeperoleh 53,73, pada siklus I diperoleh nilaii rata-rata 63,23
sedangkan pada siklus II diiperoleih nilai rata-rata 83,31. Dengan demiikian
dapat diketahui bahwa terdapat peningkatan dari pembelajaran siklus I ke siiklus II.