Abstract:
Penelitian ini dilatar belakangi oleh masih rendahnya hasil pembelajaran
Ilmu Pengatahuan Alam. Banyak siswa yang pasif dan mereka masih takut untuk
bertanya kepada guru apabila ada hal yang belum dmengerti. Keberanian siswa
kelas VI untuk berbicara belum terlihat. Hal ini menyebabkan hasil belajar peserta
didik menurun.
Tujuan Penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh penerapan model
time token terhadap hasil belajar peserta didik materi rotasi dan revolusi bumi kelas
VI Madrasah Ibtidaiiyah Swasta (MIS) Nurul Islam Ngabang. Mengetahui hasil
belajar peserta didik pada materi rotasi dan revolusi bumi kelas VI MIS Ngabang.
Signifikasi pengaruh dari penggunaan model Time Token kelas VI. Untuk mencapai
tujuan tersebut, penelitian ini meggunakan metode penelitian Eksperimen. Lokasi
penelitian ini bertempat di MIS Nurul Islam Ngabang dengan sumber datanya
adalah peserta didik kelas VI. Alat pengumpulan data yang dilakukan adalah tes,
observasi, dan dokumentasi. Alat pengumpulan data tes, dokumentasi, dan uji coba
instrumen. Analisis data menggunakan kuantitatif analisis data yaitu uji validitas
dan uji reliabiitas sedangkan uji statistik yaitu uji normalitas, uji homogenitas dan
uji hipotesis menggunakan SPSS.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: penggunaan model Time Token
terhadap hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam di
MIS Nurul Islam Ngabang. Seluruh langkah sebelum dan sesudah dilaksanakan
maka hal tesebut terlaksana 95%. Hasil belajar pretest pada kelas eksperimen 57,5
terdapat dengan nilai tertinggi 80 dan terendah 40 sedangkan kelas kontrol 42,31
terdapat nilai tertinggi 60 dan terendah 30. Posttest hasil belajar pada kelas
eksperimen 81,07 dengan nilai tertinggi 90 dan terendah 70 dan kelas kontrol 63,92
dengan nilai tertinggi 80 dan terendah 50. Uji hipotesis tes yang dilakukan pada
kelas eksperimen dan kontrol di dapatkan probabilitas Sig (2-tailed) 0.000 (<)
kurang dari 0,05 maka Ho ditolak dan Ha diterima. Berdasarkan hasil uji t terdapat
pengaruh model pembelajaran Time Token terhadap hasil belajar peserta didik kelas
VI MIS Nurul Islam Ngabang tahun pelajaran 2022/2023.