PENGARUH PENERAPAN MODEL TIME TOKEN TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK MATERI ROTASI DAN REVOLUSI BUMI KELAS VI MADRASAH IBTIDAIYAH SWASTA (MIS) NURUL ISLAM NGABANG TAHUN PELAJARAN 2022/2023

Show simple item record

dc.contributor.advisor Muttaqin, Imron
dc.contributor.advisor Zaini, Akhmad
dc.contributor.author Aulia, Diana
dc.date.accessioned 2023-10-26T08:41:39Z
dc.date.available 2023-10-26T08:41:39Z
dc.date.issued 2023-07
dc.identifier.uri https://digilib.iainptk.ac.id/xmlui/handle/123456789/4170
dc.description.abstract Penelitian ini dilatar belakangi oleh masih rendahnya hasil pembelajaran Ilmu Pengatahuan Alam. Banyak siswa yang pasif dan mereka masih takut untuk bertanya kepada guru apabila ada hal yang belum dmengerti. Keberanian siswa kelas VI untuk berbicara belum terlihat. Hal ini menyebabkan hasil belajar peserta didik menurun. Tujuan Penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh penerapan model time token terhadap hasil belajar peserta didik materi rotasi dan revolusi bumi kelas VI Madrasah Ibtidaiiyah Swasta (MIS) Nurul Islam Ngabang. Mengetahui hasil belajar peserta didik pada materi rotasi dan revolusi bumi kelas VI MIS Ngabang. Signifikasi pengaruh dari penggunaan model Time Token kelas VI. Untuk mencapai tujuan tersebut, penelitian ini meggunakan metode penelitian Eksperimen. Lokasi penelitian ini bertempat di MIS Nurul Islam Ngabang dengan sumber datanya adalah peserta didik kelas VI. Alat pengumpulan data yang dilakukan adalah tes, observasi, dan dokumentasi. Alat pengumpulan data tes, dokumentasi, dan uji coba instrumen. Analisis data menggunakan kuantitatif analisis data yaitu uji validitas dan uji reliabiitas sedangkan uji statistik yaitu uji normalitas, uji homogenitas dan uji hipotesis menggunakan SPSS. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: penggunaan model Time Token terhadap hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam di MIS Nurul Islam Ngabang. Seluruh langkah sebelum dan sesudah dilaksanakan maka hal tesebut terlaksana 95%. Hasil belajar pretest pada kelas eksperimen 57,5 terdapat dengan nilai tertinggi 80 dan terendah 40 sedangkan kelas kontrol 42,31 terdapat nilai tertinggi 60 dan terendah 30. Posttest hasil belajar pada kelas eksperimen 81,07 dengan nilai tertinggi 90 dan terendah 70 dan kelas kontrol 63,92 dengan nilai tertinggi 80 dan terendah 50. Uji hipotesis tes yang dilakukan pada kelas eksperimen dan kontrol di dapatkan probabilitas Sig (2-tailed) 0.000 (<) kurang dari 0,05 maka Ho ditolak dan Ha diterima. Berdasarkan hasil uji t terdapat pengaruh model pembelajaran Time Token terhadap hasil belajar peserta didik kelas VI MIS Nurul Islam Ngabang tahun pelajaran 2022/2023. en_US
dc.language.iso id en_US
dc.publisher IAIN Pontianak en_US
dc.subject Time Token en_US
dc.subject Hasil Belajar en_US
dc.title PENGARUH PENERAPAN MODEL TIME TOKEN TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK MATERI ROTASI DAN REVOLUSI BUMI KELAS VI MADRASAH IBTIDAIYAH SWASTA (MIS) NURUL ISLAM NGABANG TAHUN PELAJARAN 2022/2023 en_US
dc.type Skripsi en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search


Advanced Search

Browse

My Account