Abstract:
Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya hasil belajar peserta didik
karena kurangnya kreativitas guru dalam pembelajaran dan hanya terpaku pada
metode pembelajaran ceramah peserta didik kelas V SDN 04 Sungai Ringin. Tujuan
peneliti ini untuk mengetahui: 1) hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran
matematika materi penjumlahan pecahan kelas V sebelum digunakan metode
diskusi berbantuan media kartu pecahan di SDN 04 Sungai Ringin. 2) langkahlangkah penggunaan metode diskusi berbantuan media kartu pecahan di SDN 04
Sungai Ringin. 3) hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran matematika materi
penjumlahan pecahan kelas V setelah digunakan metode diskusi berbantuan media
kartu pecahan di SDN 04 Sungai Ringin. 4) peningkatan hasil belajar peserta didik
pada mata pelajaran matematika materi penjumlahan pecahan kelas V sebelum dan
sesudah digunakan metode diskusi berbantuan media kartu pecahan di SDN 04
Sungai Ringin.
Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Terdapat empat
tahap penelitian yang dimulai dari Perencanaan, Tindakan, Observasi dan Refleks.
Teknik pengumpulan data yang digunakan berupa lembar observasi, lembar tes dan
dokumentasi.Teknik analisis data yang digunakan berupa hasil observasi
pembelajaran, nilai hasil belajar dan hasil dokumentasi yang dimaksud adalah
berupa foto-foto yang diambil pada saat proses pembelajaran. Teknik analisis
pengumpulan data adalan mean (rata-rata) dan persentase. Penelitian ini dilakukan
di Kabupaten Sekadau.
Berdasarkan pada analisis yang dilakukan, maka peneliti menyimpulkan
bahwa: 1) sebelum menggunakan metode diskusi berbantuan media kartu pecahan
rata-rata peserta didik sebesar 51,75 dengan persentase 15%. 2) proses
pembelajaran sebanyak dua siklus, setiap siklus melalui empat tahap yaitu
perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi, pada siklus I terdapat terlaksana
16 langkah pembelajaran dan siklus II 20 terlaksana. 3) terdapat hasil belajar siklus
I sebesar 30% dan pada siklus II hasil belajar peserta didik sebesar 85%. 4) terdapat
peningkatan setelah menggunakan metode bermain berbantuan media kartu
pecahan dibandingkan sebelum digunakan metode bermain berbantuan media kartu
pecahan terlihat pada prasiklus ke siklus I meningkat sebesar 20% dari siklus I ke
siklus II meningkat sebesar 50% dan dari prasiklus ke siklus II mengalami
peningkatan sebesar 60%.