PENGGUNAAN METODE DISKUSI BERBANTUAN MEDIA KARTU PECAHAN UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK DI SDN 04 SUNGAI RINGIN KABUPATEN SEKADAU TAHUN AJARAN 2022/2023

Show simple item record

dc.contributor.advisor Kartini, Kartini
dc.contributor.advisor Septianawati, Desty
dc.contributor.author Syarila, Devia Wanda
dc.date.accessioned 2023-10-26T08:35:33Z
dc.date.available 2023-10-26T08:35:33Z
dc.date.issued 2023-07
dc.identifier.uri https://digilib.iainptk.ac.id/xmlui/handle/123456789/4169
dc.description.abstract Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya hasil belajar peserta didik karena kurangnya kreativitas guru dalam pembelajaran dan hanya terpaku pada metode pembelajaran ceramah peserta didik kelas V SDN 04 Sungai Ringin. Tujuan peneliti ini untuk mengetahui: 1) hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran matematika materi penjumlahan pecahan kelas V sebelum digunakan metode diskusi berbantuan media kartu pecahan di SDN 04 Sungai Ringin. 2) langkahlangkah penggunaan metode diskusi berbantuan media kartu pecahan di SDN 04 Sungai Ringin. 3) hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran matematika materi penjumlahan pecahan kelas V setelah digunakan metode diskusi berbantuan media kartu pecahan di SDN 04 Sungai Ringin. 4) peningkatan hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran matematika materi penjumlahan pecahan kelas V sebelum dan sesudah digunakan metode diskusi berbantuan media kartu pecahan di SDN 04 Sungai Ringin. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Terdapat empat tahap penelitian yang dimulai dari Perencanaan, Tindakan, Observasi dan Refleks. Teknik pengumpulan data yang digunakan berupa lembar observasi, lembar tes dan dokumentasi.Teknik analisis data yang digunakan berupa hasil observasi pembelajaran, nilai hasil belajar dan hasil dokumentasi yang dimaksud adalah berupa foto-foto yang diambil pada saat proses pembelajaran. Teknik analisis pengumpulan data adalan mean (rata-rata) dan persentase. Penelitian ini dilakukan di Kabupaten Sekadau. Berdasarkan pada analisis yang dilakukan, maka peneliti menyimpulkan bahwa: 1) sebelum menggunakan metode diskusi berbantuan media kartu pecahan rata-rata peserta didik sebesar 51,75 dengan persentase 15%. 2) proses pembelajaran sebanyak dua siklus, setiap siklus melalui empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi, pada siklus I terdapat terlaksana 16 langkah pembelajaran dan siklus II 20 terlaksana. 3) terdapat hasil belajar siklus I sebesar 30% dan pada siklus II hasil belajar peserta didik sebesar 85%. 4) terdapat peningkatan setelah menggunakan metode bermain berbantuan media kartu pecahan dibandingkan sebelum digunakan metode bermain berbantuan media kartu pecahan terlihat pada prasiklus ke siklus I meningkat sebesar 20% dari siklus I ke siklus II meningkat sebesar 50% dan dari prasiklus ke siklus II mengalami peningkatan sebesar 60%. en_US
dc.language.iso id en_US
dc.publisher IAIN Pontianak en_US
dc.subject Metode Bermain en_US
dc.subject Media en_US
dc.subject Kartu Pecahan en_US
dc.subject Hasil Belajar en_US
dc.title PENGGUNAAN METODE DISKUSI BERBANTUAN MEDIA KARTU PECAHAN UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK DI SDN 04 SUNGAI RINGIN KABUPATEN SEKADAU TAHUN AJARAN 2022/2023 en_US
dc.type Skripsi en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search


Advanced Search

Browse

My Account