Abstract:
Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mendiskripsikan: Pertama
keterampilan menulis cerita peserta didik sebelum peggunaan model picture and
picture berbantuan media animasi di kelas V SDN 16 Bengkayang. Kedua
langkah-langkah penggunaan model picture and picture berbantuan media animasi
untuk meningkatkan keterampilan menulis cerita peserta didik di kelas V SDN 16
Bengkayang. Ketiga keterampilan menulis cerita peserta didik sesudah
penggunaan model picture and picture berbantuan media animasi di kelas V SDN
16 Bengkayang. Keempat untuk mendiskripsikan peningkatan keterampilan
peserta didik dalam menulis cerita sebelum dan sesudah diterapkan model picture
and picture berbantuan media animasi di kelas V SDN 16 Bengkayang.
Penelitian ini menggunakan Jenis penelitian Tindakan kelas (PTK) dengan
menggunakan analisis data deskriptif diperoleh dari hasil tes berupa soal yang
diberikan kepada peserta didik dianalisi menggunakan rumus ketuntasan klasikal
dan presentase ketuntasan. Teknik yang digunakan untuk mengumpulkan data
adalah teknik observasi, teknik tes, teknik dokumentasi.
Hasil peneltian ini adalah 1). Kemampuan menulis cerita peserta didik
sebelum penerapan model picture and picture berbantuan media animasi
memperoleh nilai rata-rata 61, 59 dengan presentase 59%. 2). Langkah-langkah
penerapan model picture and picture berbantuan media animasi pada aktivitas
peserta didik, siklus I terlaksana 71% dengan kategori baik, siklus II terlaksana
100% dengan kategori sangat baik. 3). Kemampuan menulis cerita peserta didik
sesudah penggunaan model picture and picture berbatuan media animasi pada
siklus I dengan rata-rata 71, 18% dengan 16 peserta didik yang tuntas dengan
presentase 73%. Kemudian pada siklus II meningkat dengan rata-rata kelas 80,
22 dengan presentase 91%. 4). Terdapat peningkatan keterampilan peserta didik
dalam menulis cerita sebelum dan sesudah diterapkan model picture and picture
berbantuan media animasi di kelas V SDN 16 Bengkayang. Sebelum diterapkan
model picture and picture berbantuan media animasi memperoleh rata-rata 61, 59.
Dengan presentase 59%. Setelah dilakukan penelitian siklus I mendapatkan
jumlah keseluruhan 1.580 dengan rata-rata 71, 18% dengan presentase 73%.
Kemudian pada siklus II meningkat dengan hasil jumlah nilai keseluruhan peserta
didik 1.765 dengan rata-rata kelas 80, 22 dengan presentase 91%.