PENGGUNAAN MODEL PICTURE AND PICTURE BERBANTUAN MEDIA ANIMASI UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENULIS CERITA PESERTA DIDIK DI KELAS V SDN 16 BENGKAYANG

Show simple item record

dc.contributor.advisor Muttaqin, Imron
dc.contributor.advisor Kartini, Kartini
dc.contributor.author Apriani, Desi
dc.date.accessioned 2023-10-26T08:28:39Z
dc.date.available 2023-10-26T08:28:39Z
dc.date.issued 2023-08
dc.identifier.uri https://digilib.iainptk.ac.id/xmlui/handle/123456789/4168
dc.description.abstract Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mendiskripsikan: Pertama keterampilan menulis cerita peserta didik sebelum peggunaan model picture and picture berbantuan media animasi di kelas V SDN 16 Bengkayang. Kedua langkah-langkah penggunaan model picture and picture berbantuan media animasi untuk meningkatkan keterampilan menulis cerita peserta didik di kelas V SDN 16 Bengkayang. Ketiga keterampilan menulis cerita peserta didik sesudah penggunaan model picture and picture berbantuan media animasi di kelas V SDN 16 Bengkayang. Keempat untuk mendiskripsikan peningkatan keterampilan peserta didik dalam menulis cerita sebelum dan sesudah diterapkan model picture and picture berbantuan media animasi di kelas V SDN 16 Bengkayang. Penelitian ini menggunakan Jenis penelitian Tindakan kelas (PTK) dengan menggunakan analisis data deskriptif diperoleh dari hasil tes berupa soal yang diberikan kepada peserta didik dianalisi menggunakan rumus ketuntasan klasikal dan presentase ketuntasan. Teknik yang digunakan untuk mengumpulkan data adalah teknik observasi, teknik tes, teknik dokumentasi. Hasil peneltian ini adalah 1). Kemampuan menulis cerita peserta didik sebelum penerapan model picture and picture berbantuan media animasi memperoleh nilai rata-rata 61, 59 dengan presentase 59%. 2). Langkah-langkah penerapan model picture and picture berbantuan media animasi pada aktivitas peserta didik, siklus I terlaksana 71% dengan kategori baik, siklus II terlaksana 100% dengan kategori sangat baik. 3). Kemampuan menulis cerita peserta didik sesudah penggunaan model picture and picture berbatuan media animasi pada siklus I dengan rata-rata 71, 18% dengan 16 peserta didik yang tuntas dengan presentase 73%. Kemudian pada siklus II meningkat dengan rata-rata kelas 80, 22 dengan presentase 91%. 4). Terdapat peningkatan keterampilan peserta didik dalam menulis cerita sebelum dan sesudah diterapkan model picture and picture berbantuan media animasi di kelas V SDN 16 Bengkayang. Sebelum diterapkan model picture and picture berbantuan media animasi memperoleh rata-rata 61, 59. Dengan presentase 59%. Setelah dilakukan penelitian siklus I mendapatkan jumlah keseluruhan 1.580 dengan rata-rata 71, 18% dengan presentase 73%. Kemudian pada siklus II meningkat dengan hasil jumlah nilai keseluruhan peserta didik 1.765 dengan rata-rata kelas 80, 22 dengan presentase 91%. en_US
dc.language.iso id en_US
dc.publisher IAIN Pontianak en_US
dc.subject keterampilan menulis en_US
dc.subject model picture and picture en_US
dc.subject video animasi en_US
dc.title PENGGUNAAN MODEL PICTURE AND PICTURE BERBANTUAN MEDIA ANIMASI UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENULIS CERITA PESERTA DIDIK DI KELAS V SDN 16 BENGKAYANG en_US
dc.type Skripsi en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search


Advanced Search

Browse

My Account