Abstract:
Tujuan Penelitian ini adalah : 1. Untuk mengetahui langkah-langkah
keterampilan membaca nyaring siswa kelas 1 SDIT Sungai Ambawang. 2.
Untuk mengetahui langkah-langkah bagaimana pelaksanaan pembelajaran
Media Kartu Kata dalam meningkatkan keterampilan membaca nyaring
siswa kelas 1 SDIT Sungai Ambawang. 3. Untuk mengetahui peningkatan
keterampilan membaca nyaring melalui Media Kartu Kata siswa kelas 1
SDIT Sungai Ambawang .
Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah
menggunakan metode kuantitatif dengan jenis Penelitian Tindakan Kelas
(PTK).. Untuk mendapatkan data penelitian menggunakan lembar
observasi, teknik pengukuran, catatan lapangan, dan dokumentasi.
Upaya yang dilakukan oleh peneliti dalam meningkatkan kerampilan
membaca siswa menggunakan media Kartu Kata pada: 1) pra siklus nilai
rata-rata siswa adalah 60,91 dengan persentase sebesar 36,36% yang
mencapai KKM 65, dan jika diinterpretasikan dengan tabel distribusi
frekuensi, maka keterampilan membaca siswa berada pada kategori kurang,
2) pada sIklus I nilai rata-rata siswa adalah 76,36 dengan persentase 72,73%
yang mencapai KKM 65, dan jika diinterpretasikan dengan tabel distribusi
frekuensi, maka keterampilan membaca siswa berada pada kategori baik. 3)
Sedangkan pada siklus II nilai rata-rata siswa adalah 96,36 dengan
persentase sebesar 100% yang mencapai KKM 65 dan jika diinterpretasikan
dengan tabel distribusi frekuensi, 4) maka keterampilan membaca siswa
berada pada kategori sangat baik. Kesimpulannya adalah terjadi
peningkatan hasil belajar siswa sebagai akibat penggunaan flashcard.