Abstract:
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh adanya masalah berkaitan dengan
kemampuan membaca peserta didik pada pembelajaran Bahasa Indonesia.
Ditemukan pada observasi awal, bahwa kemampuan membaca peserta didik
masih dibawah KKM. Berkaitan dengan masalah ini, peneliti bertujuan
untuk mendeskripsikan: 1) Kemampuan membaca peserta didik sebelum
diterapakan model pembelajaran Contextual Teaching and Learning kelas
III di SDN 38 Sungai Raya, 2) Kemampuan membaca peserta didik sesudah
diterapkan model pembelajaran Contextual Teaching And Learning kelas III
di SDN 38 Sungai Raya, 3) Apakah terdapat pengaruh model pembelajaran
Contextual Teaching and Learning terhadap kemampuan membaca peserta
didik kelas III di SDN 38 Sungai Raya Tahun Pelajaran 2022/2023.
Metode penelitian yang digunakan adalah metode kuantitatif. Jenis
penelitian Pra-Exsperimental dengan desain penelitian One group pretestposttest Desaign. Lokasi penelitian bertempat di SDN 38 Sungai Raya.
Penelitian ini dilakukan di kelas III pada semester ganjil tahun pelajaran
2022/2023. Variabel pada penelitian ini terbagi menjadi dua, yaitu variabel
bebas adalah model Contextual Teaching And Leraning dan variabel terikat
adalah kemampuan membaca. Teknik pengumpulan data yang digunakan
adalah Teknik observasi, Teknik Pengukuran dan Dokumentasi. Teknik
analisis yang digunakan adalah analisis deskriptif dan uji hipotesis dengan
teknik uji paired sample t-test.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Kemampuan membaca
peserta didik sebelum menggunakan model Contextual Teaching And
Learning masih tergolong rendah, dengan presentase 48,15% kategori tuntas
dan 51,85% dalam kategori tidak tuntas dengan nilai rata-rata 56,85. 2)
Setelah menggunakan model Contextual Teaching And Learning, presentase
ketuntasan kemampuan membaca peserta didik meningkat menjadi 74,07%
dalam kategori tuntas dan 25,93% dalam kategori tidak tuntas dengan nilai
rata-rata 79,63. 3) Berdasarkan hasil uji paired sample t-test yang
memperoleh sig (2-tailed) sebesar 0,000 yang diartikan bahwa 0,000 lebih
kecil dari 0,05 maka Ha diterima. Maka dapat disimpulkan bahwa terdapat
pengaruh model Contextual Teaching And Learning terhadap kemampuan
membaca peserta didik kelas III di SDN 38 Sungai Raya Tahun Pelajaran
2022/2023.