PENGARUH MODEL CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN MEMBACA PESERTA DIDIK KELAS III DI SDN 38 SUNGAI RAYA TAHUN PELAJARAN 2022/2023

Show simple item record

dc.contributor.advisor Sahrani, Sahrani
dc.contributor.advisor Fathurrossi, Fathurrossi
dc.contributor.author Aprianti, Aprianti
dc.date.accessioned 2023-10-26T07:31:09Z
dc.date.available 2023-10-26T07:31:09Z
dc.date.issued 2023-08
dc.identifier.uri https://digilib.iainptk.ac.id/xmlui/handle/123456789/4161
dc.description.abstract Penelitian ini dilatarbelakangi oleh adanya masalah berkaitan dengan kemampuan membaca peserta didik pada pembelajaran Bahasa Indonesia. Ditemukan pada observasi awal, bahwa kemampuan membaca peserta didik masih dibawah KKM. Berkaitan dengan masalah ini, peneliti bertujuan untuk mendeskripsikan: 1) Kemampuan membaca peserta didik sebelum diterapakan model pembelajaran Contextual Teaching and Learning kelas III di SDN 38 Sungai Raya, 2) Kemampuan membaca peserta didik sesudah diterapkan model pembelajaran Contextual Teaching And Learning kelas III di SDN 38 Sungai Raya, 3) Apakah terdapat pengaruh model pembelajaran Contextual Teaching and Learning terhadap kemampuan membaca peserta didik kelas III di SDN 38 Sungai Raya Tahun Pelajaran 2022/2023. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kuantitatif. Jenis penelitian Pra-Exsperimental dengan desain penelitian One group pretestposttest Desaign. Lokasi penelitian bertempat di SDN 38 Sungai Raya. Penelitian ini dilakukan di kelas III pada semester ganjil tahun pelajaran 2022/2023. Variabel pada penelitian ini terbagi menjadi dua, yaitu variabel bebas adalah model Contextual Teaching And Leraning dan variabel terikat adalah kemampuan membaca. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah Teknik observasi, Teknik Pengukuran dan Dokumentasi. Teknik analisis yang digunakan adalah analisis deskriptif dan uji hipotesis dengan teknik uji paired sample t-test. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Kemampuan membaca peserta didik sebelum menggunakan model Contextual Teaching And Learning masih tergolong rendah, dengan presentase 48,15% kategori tuntas dan 51,85% dalam kategori tidak tuntas dengan nilai rata-rata 56,85. 2) Setelah menggunakan model Contextual Teaching And Learning, presentase ketuntasan kemampuan membaca peserta didik meningkat menjadi 74,07% dalam kategori tuntas dan 25,93% dalam kategori tidak tuntas dengan nilai rata-rata 79,63. 3) Berdasarkan hasil uji paired sample t-test yang memperoleh sig (2-tailed) sebesar 0,000 yang diartikan bahwa 0,000 lebih kecil dari 0,05 maka Ha diterima. Maka dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh model Contextual Teaching And Learning terhadap kemampuan membaca peserta didik kelas III di SDN 38 Sungai Raya Tahun Pelajaran 2022/2023. en_US
dc.language.iso id en_US
dc.publisher IAIN Pontianak en_US
dc.subject Model Contextual Teaching And Learning en_US
dc.subject Kemampuan Membaca en_US
dc.title PENGARUH MODEL CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN MEMBACA PESERTA DIDIK KELAS III DI SDN 38 SUNGAI RAYA TAHUN PELAJARAN 2022/2023 en_US
dc.type Skripsi en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search


Advanced Search

Browse

My Account