Abstract:
Tujuan Penelitian ini adalah untuk menganalisis: (1) Hasil belajar
peserta didik dari kelas kontrol materi peredaran darah kelas V SDN 05
Sungai Paduan, Kayong Utara tahun pelajaran 2022/2023. (2) Hasil belajar
peserta didik kelas eksperimen materi peredaran darah kelas V SDN 05
Sungai Paduan, Kayong Utara tahun pelajaran 2022/2023. (3) Pengaruh
penggunaan model Discovery learning berbasis media gambar terhadap
hasil belajar peserta didik kelas V SDN 05 Sungai Paduan, Kayong Utara
tahun pelajaran 2022/2023.
Penelitian ini menggunakan pendekatan Kuantitatif, metode
penelitian yaitu eksperimen semu (quasi eksperimen) menggunakan desain
yaitu Noneequivalent control group design. Populasi yang digunakan dalam
penelitian ini yaitu seluruh peserta didik kelas V SDN 05 Sungai Paduan
yang terdiri dari dua kelas semester ganjil tahun pelajaran 2022/2023
berjumlah 32 orang peserta didik. Sampel dalam penelitian ini adalah
peserta didik kelas VA laki-laki berjumlah 8 orang dan perempuan
berjumlah 8 orang kemudian kelas VB laki-laki berjumlah 7 orang dan
perempuan berjumlah 9 orang. Alat pengumpulan data yang digunakan
adalah soal tes (pre-test dan post-test). uji yang digunakan untuk
menganalisis data yaitu Analisis deskriptif, uji normalitas, uji homogenitas
dan uji t.
Berdasarkan analisis data dalam penelitian ini, maka dapat
disimpulkan : Pertama, Rata-rata nilai hasil belajar peserta didik pada
materi peredaran darah yang di ajarkan dengan model Discovery Learning
berbantuan media gambar adalah sebesar 89, 375 dan rata-rata hasil belajar
peserta didik pada materi peredaran darah yang diajarkan dengan model
konvensional adalah sebesar 75,975. Maka kemampuan akhir peserta didik
pada kelas eksperimen lebih unggul disbanding kelas kontrol. Kedua,
terdapat pengaruh model Discovery Learning berbantuan media gambar
terhadap hasil belajar peserta didik pada materi peredaran darah. karena
berdasarkan pengujian hipotesis diperoleh nilai sig.(2 tailed) sebesar 0,000
berarti lebih kecil dari 0,05. Besar pengaruh penelitian ini adalah
1,91666666667 dengan kategori besar. Dengan demikian terdapat pengaruh
penggunaan model Discovery learning berbantuan media gambar terhadap
hasil belajar peserta didik materi peredaran darah kelas V SDN 05 Sungai
Paduan.