PENGARUH PENGGUNAAN MODEL DISCOVERY LEARNING BERBANTUAN MEDIA GAMBAR TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK MATERI PEREDARAN DARAH KELAS V SDN 05 SUNGAI PADUAN KAYONG UTARA TAHUN PELAJARAN 2022/2023

Show simple item record

dc.contributor.advisor Zaenuddin, Zaenuddin
dc.contributor.advisor Setyaningrum, Saumi
dc.contributor.author Zubaidah, Zubaidah
dc.date.accessioned 2023-09-25T03:49:13Z
dc.date.available 2023-09-25T03:49:13Z
dc.date.issued 2023-04
dc.identifier.uri https://digilib.iainptk.ac.id/xmlui/handle/123456789/3764
dc.description.abstract Tujuan Penelitian ini adalah untuk menganalisis: (1) Hasil belajar peserta didik dari kelas kontrol materi peredaran darah kelas V SDN 05 Sungai Paduan, Kayong Utara tahun pelajaran 2022/2023. (2) Hasil belajar peserta didik kelas eksperimen materi peredaran darah kelas V SDN 05 Sungai Paduan, Kayong Utara tahun pelajaran 2022/2023. (3) Pengaruh penggunaan model Discovery learning berbasis media gambar terhadap hasil belajar peserta didik kelas V SDN 05 Sungai Paduan, Kayong Utara tahun pelajaran 2022/2023. Penelitian ini menggunakan pendekatan Kuantitatif, metode penelitian yaitu eksperimen semu (quasi eksperimen) menggunakan desain yaitu Noneequivalent control group design. Populasi yang digunakan dalam penelitian ini yaitu seluruh peserta didik kelas V SDN 05 Sungai Paduan yang terdiri dari dua kelas semester ganjil tahun pelajaran 2022/2023 berjumlah 32 orang peserta didik. Sampel dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas VA laki-laki berjumlah 8 orang dan perempuan berjumlah 8 orang kemudian kelas VB laki-laki berjumlah 7 orang dan perempuan berjumlah 9 orang. Alat pengumpulan data yang digunakan adalah soal tes (pre-test dan post-test). uji yang digunakan untuk menganalisis data yaitu Analisis deskriptif, uji normalitas, uji homogenitas dan uji t. Berdasarkan analisis data dalam penelitian ini, maka dapat disimpulkan : Pertama, Rata-rata nilai hasil belajar peserta didik pada materi peredaran darah yang di ajarkan dengan model Discovery Learning berbantuan media gambar adalah sebesar 89, 375 dan rata-rata hasil belajar peserta didik pada materi peredaran darah yang diajarkan dengan model konvensional adalah sebesar 75,975. Maka kemampuan akhir peserta didik pada kelas eksperimen lebih unggul disbanding kelas kontrol. Kedua, terdapat pengaruh model Discovery Learning berbantuan media gambar terhadap hasil belajar peserta didik pada materi peredaran darah. karena berdasarkan pengujian hipotesis diperoleh nilai sig.(2 tailed) sebesar 0,000 berarti lebih kecil dari 0,05. Besar pengaruh penelitian ini adalah 1,91666666667 dengan kategori besar. Dengan demikian terdapat pengaruh penggunaan model Discovery learning berbantuan media gambar terhadap hasil belajar peserta didik materi peredaran darah kelas V SDN 05 Sungai Paduan. en_US
dc.language.iso id en_US
dc.publisher IAIN Pontianak en_US
dc.subject Hasil belajar en_US
dc.subject Discovery learning en_US
dc.subject IPA en_US
dc.title PENGARUH PENGGUNAAN MODEL DISCOVERY LEARNING BERBANTUAN MEDIA GAMBAR TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK MATERI PEREDARAN DARAH KELAS V SDN 05 SUNGAI PADUAN KAYONG UTARA TAHUN PELAJARAN 2022/2023 en_US
dc.type Skripsi en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search


Advanced Search

Browse

My Account