Abstract:
Penggunaan media pembelajaran yang menarik akan membuat siswa lebih
interaktif dalam proses belajar mengajar. Salah satunya dengan mengembangkan
media pop up book . Dengan adanya media pop up book ini diharapkan siswa lebih
tertarik untuk mengikuti pelajaran pada materi daur hidup hewan.
Jenis penelitian ini adalah research and development, prosedur pada
penelitian ini yaitu (1) Identifikasi Masalah (2) Pengumpulan Data (3) Desain Produk
(4) Validasi Ahli (5) Revisi Desain (6) Uji Coba Produk. Teknik analisis data yang
digunakan yaitu data kuantitatif dan kualitatif. Subjek penelitian ini adalah siswa
kelas IV SDS Pesantren Assalam Pontianak. Instrumen yang digunakan adalah
Wawancarea dan Kuesioner. Wawancara digunakan untuk mengetahui bagaimana
respon guru terhadap penggunaan media pop up book. Kuesioner untuk mengetahui
bagaimana respon sisswa, dan ahli validator mengenai kualitas media pop up book.
Hasil pengembangan yang dilakukan yaitu berupa media pop up book materi
daur hidup hewan. Hasil penelitian dan pengembangan memperoleh kriteria sangat
valid dengan hasil validasi oleh ahli media sebesar 90% dan hasil validasi materi/isi
sebesar 80% kemudian untuk respon siswa terhadap media pop up book ini
memperoleh hasil 91%.