Abstract:
Tujuan dari penelitian ini untuk mengidentifikasi: Pengaruh pengunaan
model pembelajaran matematika realistik Indonesia (PMRI) berbantuan media
manipulatif terhadap hasil belajar peserta didik kelas IV. Penelitian ini termasuk
penelitian kuantitatif Quasi Experiment dengan desain penelitian Posttest-Only
Control Group Design. Sample penelitian yaitu berjumlah 41 peserta didik, terdiri
dari 20 peserta didik dari kelas IV A sebagai kelompok eksperimen dan 21 peserta
didik dari kelas IV B sebagai kelompok kontrol. Pemilihan sampel mengunakan
teknik Sampling Jenuh. Tehnik yang digunakan untuk mengumpulkan data
dengan teknik pengukuran, observasi, dan dokumentasi. Sedangkan alat yang
digunakan untuk mengumpulkan data adalah soal essay dan pilihan ganda, lembar
observasi dan smartphone. Data dianalisis mengunakan uji intrumen, uji asumsi
klasik, uji hipotesis dan uji pengaruh.
Berdasarkan hasil analisis yang dilakukan, maka peneliti menyimpulkan
bahwa: 1) Tidak terdapat perbedaan yang signifikan antara data kelas kontrol dan
kelas eksperimen sebelum pengunaan model pembelajaran PMRI berbantuan
media manipulatif pada materi penjumlahan dan pengurangan. 2) Terdapat
pengaruh pengunaan model pembelajaran PMRI berbantuan media manipulatif
terhadap hasil belajar matematika peserta didik materi penjumlahan dan
pengurangan pecahan berdasarkan uji independent sample t-test dengan nilai
signifikansi sebesar 0,000. 3) Pengunaan model pembelajaran pendidikan
matematika realistik Indonesia (PMRI) berbantuan media manipulatif
memberikan pengaruh dengan kriteria tinggi terhadap hasil belajar matematika
peserta didik materi penjumlahan dan pengurangan pecahan.