Abstract:
Penelitian ini dilatar belakangi oleh peserta didik yang sulit untuk mengingat
rumus, kesulitan dalam berkomunikasi antar peserta didik, pemahaman bahasa
matematika yang kurang, kesulitan dalam perepsi visual, sulit dalam konsep
menghitung pada materi luas dan keliling bangun datar. Tujuan penelitian ini ialah
untuk: (1) Untuk mengetahui pengusaan materi luas dan keliling bangun datar
sebelum penerapan strategi pembelajaran TAPPS Berbantu LKPD kelas IV SDN
17 Pontianak Utara; (2) Untuk mengetahui langkah-langkah strategi TAPPS
terhadap penguasaan materi luas dan keliling bangun datar Berbantu LKPD kelas
IV SDN 17 Pontianak Utara; (3) Untuk mengetahui penguasaan materi luas dan
keliling bangun datar setelah menggunakan strategi pembelajaran TAPPS
Berbantu LKPD kelas IV SDN 17 Pontianak Utara dan (4) Mendeskripsikan ada
tidaknya pengaruh yang signifikan dari penerapan strategi pembelajaran TAPPS
terhadap penguasaan materi matematika Berbantu LKPD kelas IV SDN 17
Pontianak Utara.
Untuk mencapai tujuan tersebut, peneliti ini menggunakan pendekatan
kuantitatif dengan metode eksperimen, menggunakan desain penelitian quasy
eksperimental desain dengan bentuk nonequivalen control group desain. Subjek
dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas IVa dan IVb yang setiap kelas
berjumlah 25 peserta didik. Alat pengumpulan data berupa teknik Tes (pretestposttest), lembar observasi, dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan
yaitu uji validitas, uji reabilitas, uji normalitas, uji hipotesis.
Kesimpulan dalam penelitian ini adalah: Pengaruh penggunaan strategi
TAPPS berbantu LKPD terhadap penguasaan materi luas dan keliling bangun
datar berdasarkan hasil SPPS, di kelas eksperimen pada saat pretest memiliki ratarata sebesar 39,44 dan pada saat posttest mengalami peningkatan sebesar 36,88
menjadi 76,32. Dan dengan didapatkan > pada taraf signifikansi 5%
(0,549 > 0,396) dan mempunyai nilai F yaitu 0,004 < 0,05 yang berarti
berdasarkan data tersebut dapat disimpulkan bahwa diterima. Artinya, terdapat
pengaruh yang signifikan dari pengaruh penggunaan strategi TAPPS berbantu
LKPD dengan pengaruh sebesar 83,8%.