PENGARUH PENGGUNAAN STRATEGI TAPPS BERBANTU LKPD TERHADAP PENGUASAAN MATERI LUAS DAN KELILING BANGUN DATAR KELAS IV SD NEGERI 17 PONTIANAK UTARA TAHUN PELAJARAN 2022/2023

Show simple item record

dc.contributor.advisor Mansur, Mansur
dc.contributor.advisor Zulkarnain, Zulkarnain
dc.contributor.author Firda, Tasya
dc.date.accessioned 2023-09-21T11:26:04Z
dc.date.available 2023-09-21T11:26:04Z
dc.date.issued 2023-05
dc.identifier.uri https://digilib.iainptk.ac.id/xmlui/handle/123456789/3756
dc.description.abstract Penelitian ini dilatar belakangi oleh peserta didik yang sulit untuk mengingat rumus, kesulitan dalam berkomunikasi antar peserta didik, pemahaman bahasa matematika yang kurang, kesulitan dalam perepsi visual, sulit dalam konsep menghitung pada materi luas dan keliling bangun datar. Tujuan penelitian ini ialah untuk: (1) Untuk mengetahui pengusaan materi luas dan keliling bangun datar sebelum penerapan strategi pembelajaran TAPPS Berbantu LKPD kelas IV SDN 17 Pontianak Utara; (2) Untuk mengetahui langkah-langkah strategi TAPPS terhadap penguasaan materi luas dan keliling bangun datar Berbantu LKPD kelas IV SDN 17 Pontianak Utara; (3) Untuk mengetahui penguasaan materi luas dan keliling bangun datar setelah menggunakan strategi pembelajaran TAPPS Berbantu LKPD kelas IV SDN 17 Pontianak Utara dan (4) Mendeskripsikan ada tidaknya pengaruh yang signifikan dari penerapan strategi pembelajaran TAPPS terhadap penguasaan materi matematika Berbantu LKPD kelas IV SDN 17 Pontianak Utara. Untuk mencapai tujuan tersebut, peneliti ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode eksperimen, menggunakan desain penelitian quasy eksperimental desain dengan bentuk nonequivalen control group desain. Subjek dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas IVa dan IVb yang setiap kelas berjumlah 25 peserta didik. Alat pengumpulan data berupa teknik Tes (pretestposttest), lembar observasi, dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan yaitu uji validitas, uji reabilitas, uji normalitas, uji hipotesis. Kesimpulan dalam penelitian ini adalah: Pengaruh penggunaan strategi TAPPS berbantu LKPD terhadap penguasaan materi luas dan keliling bangun datar berdasarkan hasil SPPS, di kelas eksperimen pada saat pretest memiliki ratarata sebesar 39,44 dan pada saat posttest mengalami peningkatan sebesar 36,88 menjadi 76,32. Dan dengan didapatkan > pada taraf signifikansi 5% (0,549 > 0,396) dan mempunyai nilai F yaitu 0,004 < 0,05 yang berarti berdasarkan data tersebut dapat disimpulkan bahwa diterima. Artinya, terdapat pengaruh yang signifikan dari pengaruh penggunaan strategi TAPPS berbantu LKPD dengan pengaruh sebesar 83,8%. en_US
dc.language.iso id en_US
dc.publisher IAIN Pontianak en_US
dc.subject Pengaruh penggunaan strategi TAPPS berbantu LKPD en_US
dc.subject Penguasaan Materi Luas dan Keliling Bangujn Datar en_US
dc.title PENGARUH PENGGUNAAN STRATEGI TAPPS BERBANTU LKPD TERHADAP PENGUASAAN MATERI LUAS DAN KELILING BANGUN DATAR KELAS IV SD NEGERI 17 PONTIANAK UTARA TAHUN PELAJARAN 2022/2023 en_US
dc.type Skripsi en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search


Advanced Search

Browse

My Account